Formula 1

Resmi, Kejuaraan Formula E Bakal Digelar di Kawasan Monas

Jumat, 14 Februari 2020 18:45 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Lev Radin/Pacific Press/LightRocket via Getty Images/Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kejuaraan balap mobil listrik Formula E akhirnya resmi bakal menggunakan kawasan Monumen Nasional (Monas) pada 6 Juni 2020 mendatang. Copyright: © Lev Radin/Pacific Press/LightRocket via Getty Images/Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kejuaraan balap mobil listrik Formula E akhirnya resmi bakal menggunakan kawasan Monumen Nasional (Monas) pada 6 Juni 2020 mendatang.

INDOSPORT.COM - Kejuaraan balap mobil listrik Formula E akhirnya resmi bakal menggunakan kawasan Monumen Nasional (Monas) pada 6 Juni mendatang.

Keputusan tersebut dibuat setelah BUMD Jakarta Propertindo (Jakpro) bersama FIA (Federasi Balap Mobil Internasional) Formula E Championship resmi mengumumkan hal tersebut.

Nantinya, balapan mobil bertenaga listrik ini berlangsung di kawasan Medan Merdeka, termasuk kawasan Monas, meski sebelumnya sempat dilarang oleh Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka.

Dalam video yang diputar pada acara Media Briefing di Hotel Novotel Cikini, Jumat (14/2/20), balapa akan dimulai (start) dari depan Balai Kota Provinsi DKI Jakarta di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, sebagaimana dilansir dari laman Antara.

Para pembalap memasuki kawasan Monumen Nasional melalui pintu masuk silang Barat Daya Monas dekat Patung Kuda Arjuna Wiwaha. Rute tersebut terus berlanjut hingga Pelataran Barat dari Tugu Monas yang nantinya disiapkan untuk memutar balik ke arah pelataran selatan berlanjut ke kawasan timur dan tenggara.

Usai melewati kawasan timur Monas, para pembalap akan kembali melewati kawasan Medan Merdeka Selatan dengan titik kenal Kedubes Amerika Serikat berlanjut melewati kembali Balai Kota. Titik akhir rute itu berada di depan Pelataran Selatan Monas yang menjadi lokasi garis finis.

Jalur yang akhirnya dipublikasikan kepada media itu memiliki penampakan yang sama persis dengan rancangan kiriman Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kepada Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka, Rabu (12/2/20).

Jalur tersebut memiliki panjang 2,58 km dan memiliki lebar jalan sekitar 9,5-12 meter. Sedikit berbeda dekat rancangan yang dikirim Gubernur kepada Komisi Pengarah, secara resmi rute ini nantinya akan memiliki 12 tikungan (8 tikungan di kanan dan 4 tikungan di kiri).

Lintasan digunakan searah jarum jam oleh 24 pembalap dari 12 tim yang mengikuti Formula E itu. Kawasan Medan Merdeka Selatan merupakan rute terpanjang catatan JakPro sebagai rute untuk balapan ramah lingkungan itu dengan panjang 680 meter.

Formula E akan digelar 6 Juni mendatang di Monas dengan pertimbangan oleh FIA Formula E sebagai kawasan yang ikonik dan identik menggambarkan Ibu kota Negara Indonesia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%