MotoGP

Ikuti Marc Marquez Selama 4 Tahun, Cal Crutchlow: Semua Sia-sia

Rabu, 19 Februari 2020 15:13 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Isman Fadil
© Indosport.com
Cal Crutchlow mengaku usahanya mengikuti gaya balap Marc Marquez selama empat tahun terasa sia-sia Copyright: © Indosport.com
Cal Crutchlow mengaku usahanya mengikuti gaya balap Marc Marquez selama empat tahun terasa sia-sia

INDOSPORT.COM - Rider kawakan MotoGP, Cal Crutchlow, menyebut dirinya merasa sia-sia usai menghabiskan waktu empat tahun untuk mempelajari cara berkendara pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Seperti yang disadur dari Corsedimoto, Crutchlow mengakui teknik yang dipakai Marquez berbeda dari pebalap lainnya. Ia pun menganalisa cara rider asal Spanyol tersebut yang menurutnya sulit ia tiru.

"Dia (Marquez) menggunakan rem belakang lebih sering ketimbang pebalap lainnya untuk memperlambat laju motor. Di area di mana ia menggunakan rem belakang saya tak melakukannya, mempelajarinya saja sangat menyulitkanku," ujar Crutchlow.

Lebih lanjut Cal Crutclow pun mencoba mempelajari data telemetri milik Marc Marquez. Ia mempelajari data milik pebalap asal Spanyol tersebut selama empat tahun. Namun hasilnya nihil.

"Saya mengikuti Marc (Marquez) selama empat tahun. Saya melihat telemetrinya di latihan bebas dan selama balapan dan tes. Pada akhirnya kamu harus melupakan datanya dan melakukan caramu sendiri karena tak ada rider yang mengendarai motor sepertinya," lanjutnya.

Teknik Marquez dalam berkendara memang banyak menuai kontroversi. Pasalnya gayanya dalam balapan dianggap terlalu berbahaya oleh rekan-rekan seprofesinya.

Meski begitu Marc Marquez mampu menunjukkan kapasitasnya dalam balapan. Tekniknya dianggap tak dapat ditiru oleh rider MotoGP manapun sehingga mampu meraih gelar juara dunia sebanyak delapan kali.