Formula 1

Abaikan Virus Corona, F1 GP Vietnam Tetap Digelar Sesuai Jadwal

Kamis, 20 Februari 2020 15:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© ESPN
Rancangan Sirkuit Formula 1 GP Vietnam untuk kalender balapan tahun 2020. Copyright: © ESPN
Rancangan Sirkuit Formula 1 GP Vietnam untuk kalender balapan tahun 2020.

INDOSPORT.COM – Seri balapan Formula 1 (F1) GP Vietnam akan tetap digelar sesuai jadwal meski wabah virus Corona tengah menjadi masalah di sejumlah negara Asia.

GP Vietnam sebelumnya terancam diundur atau bahkan dibatalkan lantaran Negeri Bintang Emas berbatasan langsung dengan China yang menjadi sumber dari virus mematikan tersebut.

Sejak wabah Virus Corona merebak pada awal Februari lalu, Vietnam telah membuat deklarasi darurat kesehatan masyarakat serta melarang semua penerbangan menuju dan dari China. Wilayah Hanoi juga telah mengkarantina sekitar 10.000 orang terindikasi Virus Corona.

Namun, melansir dari laman Vietnam News, Kementerian Pariwisata Vietnam menepis kabar tersebut dan mengatakan bahwa F1 GP Vietnam 2020 bakal digelar sesuai jadwal atau pada 5 April mendatang.

Kementerian Pariwisata setempat juga mengatakan bahwa kejuaraan balap mobil bergengsi tersebut akan menjadi momentum untuk memperkenalkan wajah Vietnam ke seluruh dunia.

Sementara itu, Federasi Balap Mobil Internasional (FIA) akhirnya memutuskan bahwa seri balapan Formula 1 (F1) GP China yang berlangsung pada pada 17-19 April mendatang resmi ditunda akibat dampak wabah virus Corona.

Keputusan tersebut diambil setelah diselenggarakannya diskusi pekan lalu, dengan mempertimbangkan pernyataan WHO bahwa virus Corona tengah menjadi kasus di seluruh dunia. Permintaan tersebut akhirnya disepakati oleh F1 dan FIA.