MotoGP

Sirkuit Losail Bikin Marquez Makin Parno dengan Cedera Bahunya

Minggu, 23 Februari 2020 19:44 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Marc Marquez mengaku bahwa sirkuit Losail, Qatar membuatnya semakin khawatir dengan cedera bahunya lantaran sirkuit tersebut memiliki lintasan yang menantang Copyright: © INDOSPORT
Marc Marquez mengaku bahwa sirkuit Losail, Qatar membuatnya semakin khawatir dengan cedera bahunya lantaran sirkuit tersebut memiliki lintasan yang menantang

INDOSPORT.COMMarc Marquez mengaku bahwa sirkuit Losail, Qatar membuatnya semakin khawatir dengan cedera bahunya lantaran sirkuit tersebut memiliki lintasan yang cukup menantang.

Rider Repsol Honda itu terpaksa harus mencatatkan hasil kurang maksimal di hari pertama tes pramusim MotoGP 2020 yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu (22/02/20). Ia hanya mampu menjadi yang tercepat keenam dengan catatan waktu terbaiknya yakni 1 menit 54,823 detik.

Rider berjuluk The Baby Alien itu pun mengaku bahwa kondisi lintasan sirkuit Losail memberikan tantangan dan tekanan tersendiri untuknya dibandingkan sesi tes pramusim di Sepang, Malaysia. Pasalnya, sirkuit tersebut memiliki banyak tikungan kanan yang panjang.

Hal tersebut pun membuat ia khawatir akan kondisi bahu kanannya yang cedera. Apalagi masa pemulihan pasca operasi berjalan lebih lambat dari waktu yang ditentukan.

“Jujur saya agak kesulitan saat menjalani tes pramusim di Losail dibandingkan dengan di Malaysia, karena di sini terdapat banyak tikungan yang panjang dan membuat bahu kanan saya yang tengah mengalami cedera agak memiliki tekanan,” ujar Marc Marquez, dilansir dari Autosport.

“Maka kami berusaha untuk tidak terlalu keras terhadap diri sendiri pada hari pertama. Kami mencari settingan yang terbaik, tetapi kami masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan,” tambahnya.

Di sisi lain, Alex Marquez masih berjuang untuk beradaptasi dengan gaya membalap di MotoGP serta kuda besi RC213V yang ditungganginya. Ia belum mampu menunjukan performa signifikan di Qatar.

Bahkan ia harus finis di posisi ke-21 dengan catatan waktu 1 menit 56,552 detik, lantaran dirinya sempat mengalami kecelakaan dalam sesi tersebut. Alex Marquez sendiri mengaku bahwa hal tersebut bukan karena ia tak bisa mengontrol RC213V namun lantaran ia melakukan kesalahan yang disebabkan dirinya sendiri.

Para pembalap MotoGP juga akan kembali unjuk gigi pada tes kedua, Minggu (23/02/20) dan dilanjutkan pada hari ketiga, Senin (24/02/20) nanti, sebelum akhirnya tampil di seri balapan perdana MotoGP Qatar yang berlangsung pada 8 Maret 2020 mendatang.