Formula 1

Demi Keamanan, Kawasan Formula E Akan Dipasangi Ribuan Pembatas

Senin, 24 Februari 2020 17:53 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© headtopics
Ilustrasi Formula E. Copyright: © headtopics
Ilustrasi Formula E.

INDOSPORT.COM - PT Jakarta Propertindo tengah mempersiapkan 1.500 pembatas jalan (barrier) untuk keamanan di ajang balap mobil listrik Formula E di Monas, Jakarta.

Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo, Hani Sumarno, mengatakan sampai selasa (18/02/20), total barrier yang sudah terpeta 121 buah. Dalam sehari target pemetaan 40 buah, dengan total pembuatan 1.500 barrier.

"Pengerjaan barrier itu dilakukan di luar kawasan Jakarta tepatnya di kawasan Purwakarta, Jawa Barat," kata Hani kepada Antara.

Pihaknya telah menyiapkan  alat-alat untuk mencetak barrier yang didatangkan langsung dari Hongkong.

"Pencetakan barrier itu tidaklah mudah. Sekarang dikerjakan dan benar-benar diawasi oleh FEO (Formula E Organization)," ujar Dwi Wahyu Darwoto Direktur Utama PT Jakarta Propertindo saat media briefing Prox 2020, Jumat (14/02/20).

Barrier-barrier tersebut setelah digunakan untuk Formula E, akan menjadi properti milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Jakpro yang ditunjuk Pemprov DKI Jakarta sebagai penanggung jawab Formula E di Monas, selain menyiapkan barrier juga melakukan pengaspalan untuk track Formula E yang dimulai pada maret 2020.

Hingga sekarang Formula E masih dipastikan bisa diselenggarakan di kawasan Medan Merdeka Selatan termasuk sebagian kawasan Monumen Nasional (Monas).

Dilansir dari laman Antara, perhelatan besar yang ramah lingkungan ini diperkirakan sekali penyelenggaran dapat mendongkrak pendapatan ekonomi sebesar  Rp500-600 miliar.

Penulis: Aziz Purnomo