Formula 1

Wabah Virus Corona Ganggu Pengiriman Logistik F1

Sabtu, 29 Februari 2020 09:47 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© formula1.com
Selain menyebabkan GP ditunda, virus Corona juga menghambat pengiriman distribusi logistik F1. Copyright: © formula1.com
Selain menyebabkan GP ditunda, virus Corona juga menghambat pengiriman distribusi logistik F1.

INDOSPORT.COM – Wabah virus Corona lagi-lagi memberi efek negatif untuk kejuaraan Formula 1 (F1) lantaran pengiriman pasokan logistik yang dilakukan para tim balap jelang musim 2020 terganggu.

Melansir dari berita F1 laman GP Today, wabah virus Corona tersebut mengganggu aktivitas para tim balap untuk mengirim logistik mereka, terutama untuk tiga seri balapan pembuka yakni GP Australia, Bahrain, dan Vietnam.

Akibatnya, sejumlah jadwal pengiriman logistik dan penerbangan yang telah dirancang sebelumnya terpaksa harus diubah dengan mengalihkan posisi transit yang semula di Timur Tengah menjadi Singapura, Bangkok, dan Hong Kong.

Tak hanya itu, tim balap yang bermarkas di Italia seperti Ferrari, AlphaTauri, dan juga Pirelli sebagai pemasok ban F1 terancam dilarang keluar dari negaranya, atau bahkan masuk ke negara seri balapan lain lantaran Italia baru saja digemparkan dengan merebaknya virus Corona.

Untuk mengatasi permasalahan ini, pihak bos tim dan petinggi F1 akhirnya mengadakan pertemuan demi mencari jalan keluar akibat efek virus Corona ini. Chase Carey selaku CEO F1 mengatakan bahwa semua sistem siap dijalankan sesuai situasi dan kondisi.

Sebelumnya wabah virus mematikan tersebut juga membuat gelaran seri balapan GP China yang seharusnya berlangsung pada pada 17-19 April 2020 resmi ditunda.

Pasalnya, pihak-pihak tersebut ingin mengutamakan dan menjamin keamanan serta kesehatan staf, peserta balapan, dan juga para penonton yang hadir di seri balapan tersebut.

Tak hanya itu, GP Vietnam sebelumnya terancam diundur atau bahkan dibatalkan lantaran Negeri Bintang Emas berbatasan langsung dengan China yang menjadi sumber dari virus mematikan tersebut.

Namun Kementerian Pariwisata Vietnam menepis kabar tersebut dan mengatakan bahwa F1 GP Vietnam 2020 bakal digelar sesuai jadwal atau pada 5 April mendatang.