MotoGP

Resmi! Inilah Jadwal Baru Kejuaraan MotoGP 2020

Jumat, 6 Maret 2020 15:43 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Dorna selaku penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Balap Motor telah resmi merilis jadwal baru MotoGP 2020 setelah beberapa seri balapan sempat dibatalkan dan ditunda Copyright: © INDOSPORT
Dorna selaku penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Balap Motor telah resmi merilis jadwal baru MotoGP 2020 setelah beberapa seri balapan sempat dibatalkan dan ditunda

INDOSPORT.COM – Dorna selaku penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Balap Motor telah resmi merilis jadwal baru MotoGP 2020 setelah beberapa seri balapan sempat dibatalkan dan ditunda akibat dampak wabah virus corona.

Terdapat beberapa perubahan pada jadwal baru MotoGP 2020 setelah seri balapan MotoGP Qatar yang dijadwalkan di gelar pada 8 Maret nanti harus dibatalkan lantaran pemerintah setempat melakukan pencegahan penyebaran virus corona di negara tersebut.

Namun untuk balapan kelas Moto2 dan Moto3 tetap digelar sesuai jadwal karena para pembalap sudah berada di sirkuit Losail, Qatar dan baru saja menyelesaikan sesi tes pramusim 2020.

Tak hanya Qatar, MotoGP Thailand yang menjadi seri balapan kedua di kalender MotoGP juga terkena imbas dari wabah virus corona dan terpaksa ditunda dan pergelaran akbar tersebut terpaksa harus diundur.

Melansir dari laman resmi MotoGP, masalah yang menimpa kedua seri balapan tersebut akhirnya membuat FIM, Dorna serta IRTA akhirnya merilis jadwal baru MotoGP dengan menampilkan sejumlah perubahan pada Kamis (05/03/20) kemarin.

Kalender MotoGP yang semula akan menyajikan 20 seri balapan terpaksa hanya akan menggelar 19 seri balapan saja, setelah balapan di Qatar harus di batalkan. Meski demikian, untuk kelas Moto2 dan Moto3 tetap berlangsung 20 balapan pada musim 2020 ini.

Kemudian MotoGP Thailand akan diundur dan digelar pada 4 Oktober mendatang. Maka MotoGP Aragon yang semua berlangsung pada 4 Oktober, akan dimajukan selama satu pekan dan digelar pada 27 September.

Ini berarti, kejuaraan kasta tertinggi MotoGP baru akan di gelar pada 5 April mendatang dan akan berlangsung Circuit of Americas, Austin, Amerika Serikat.

Berikut jadwal terbaru MotoGP 2020 yang hanya menggelar 19 seri balapan:

08 Maret: GP Qatar (Hanya diikuti kelas Moto2 dan Moto3), Losail International Circuit

05 April: GP Amerika Serikat, Circuit of the Americas

19 April: GP Argentina, Termas de Rio Hondo

03 Mei: GP Jerez, Circuito de Jerez - Ángel Nieto

17 Mei: GP Prancis, Circuit Le Mans

31 Mei: GP Italia, Autodromo del Mugello 

07 Juni: GP Catalunya, Barcelona - Catalunya

21 Juni: GP Jerman, Sachsenring

28 Juni: GP Belanda, TT Circuit Asse

12 Juli: GP Finlandia, KymiRing

09 Agustus: GP Ceko, Automotodrom Brno

16 Agustus: GP Austria, Red Bull Ring-Spielberg

30 Agustus: GP Inggris, Silverstone

13 September: GP San Marino, Misano World Circuit Marco Simoncelli

27 September: GP Aragón, MotorLand Aragón

04 Oktober: GP Thailand, Chang International Circuit

18 Oktober: GP Jepang, Twin Ring Motegi

25 October: GP Australia, Philip Island

01 November: GP Malaysia, Sepang International Circuit

15 November: GP Valencia, Ricardo Tormo

1