Formula 1

Resmi! Kejuaraan Formula E Jakarta Ditunda Gara-gara Virus Corona

Rabu, 11 Maret 2020 12:21 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© Lev Radin/Pacific Press/LightRocket via Getty Images/Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kejuaraan balap mobil bertenaga listrik Formula E yang akan di gelar di DKI Jakarta pada 6 Juni 2020 resmi ditunda akibat dampak dari wabah virus corona. Copyright: © Lev Radin/Pacific Press/LightRocket via Getty Images/Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kejuaraan balap mobil bertenaga listrik Formula E yang akan di gelar di DKI Jakarta pada 6 Juni 2020 resmi ditunda akibat dampak dari wabah virus corona.

INDOSPORT.COM – Kejuaraan balap mobil bertenaga listrik Formula E yang akan digelar di DKI Jakarta pada 6 Juni 2020 resmi ditunda akibat dampak dari wabah virus corona.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang secara resmi mengirimkan surat kepada Panitia Penyelenggara (Organizing Committee) Jakarta E- Prix mengenai penundaan penyelengaraan Formula E di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Keputusan itu dibuat lantaran perkembangan virus corona atau COVID-19 yang saat ini terjadi di Indonesia khususnya di kawasan Jakarta. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 27 orang di Indonesia telah positif terjangkit penyakit menular tersebut.

"Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya," kata Anies dalam suratnya yang ditujukan kepada OC Jakarta E-Prix.

Melansir dari laman Antara, surat itu dibuat pada Senin (09/3/20) bernomor surat 117/-1.857.73, surat itu juga ditembuskan kepada 15 pemangku kepentingan lainnya.

Di antaranya kepada Menteri Sekretaris Negara, Menteri Dalam Negeri, Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan, termasuk Ketua DPRD DKI Jakarta.

Sekadar informasi, OC Jakarta E Prix sebelumnya mengumumkan Formula E Jakarta resmi digelar pada 6 Juni 2020. Mereka awalnya memastikan formula E di kawasan Monas itu seharusnya berjalan tanpa ada kendala.

Untuk menggelar perhelatan akbar tersebut, Pemprov DKI Jakarta diketahui telah mengelontorkan dana sebesar Rp1,6 triliun untuk ajang mobil balap listrik itu.

Sebelumnya, penggiat media sosial di Twitter ramai-ramai melambungkan tagar #TolakKerasFormulaE lantaran kejuaraan balap mobil Formula E karena dianggap merugikan.

Tagar #TolakKerasFormulaE kini tengah menjadi Trending Topic di Twitter Indonesia. Pasalnya, masyarakat Tanah Air khususnya di DKI Jakarta merasa kecewa dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang kekeuh akan tetap menggelar acara tersebut meski tengah dibayangi wabah virus corona.