Formula 1

F1 GP Australia Tetap Berlangsung, Lewis Hamilton Lempar Sindiran

Kamis, 12 Maret 2020 19:34 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Mark Thompson/GettyImages
Seri pembuka F1 musim ini, yaitu GP Australia, dipastikan akan tetap berlangsung sesuai rencana, Minggu (15/03/20), di tengah merebaknya wabah virus corona. Copyright: © Mark Thompson/GettyImages
Seri pembuka F1 musim ini, yaitu GP Australia, dipastikan akan tetap berlangsung sesuai rencana, Minggu (15/03/20), di tengah merebaknya wabah virus corona.

INDOSPORT.COM - Seri pembuka Formula 1 (F1) musim ini, yaitu GP Australia, dipastikan akan tetap berlangsung sesuai rencana, Minggu (15/03/20), di tengah merebaknya wabah virus corona.

Pihak penyelenggara bahkan memastikan seri Australia akan tetap dilangsungkan dengan kehadiran penonton. Pembalap Mercedes yang juga juara dunia enam kali, Lewis Hamilton, mengecam keputusan tersebut.

“Saya amat sangat terkejut kita semua ada di sini,” kata Hamilton dalam konferensi pers resmi, Kamis (11/03/20). “Memang menyenangkan kita tetap memiliki balapan, tapi saya terkejut kita semua duduk di ruangan ini.”

Juara dunia musim lalu itu mengaku khawatir dengan besarnya jumlah penonton yang mendatangi seri pembuka ini dan respons penyelenggara F1 terhadap wabah corona, terutama terkait pembatalan-pembatalan di cabang olahraga lain.

Seperti diketahui, kompetisi olahraga di berbagai penjuru dunia mengalami pembatalan akibat merebaknya virus corona. Terbaru, kompetisi basket terakbar di dunia, NBA, resmi membatalkan sisa pertandingan musim ini setelah salah satu pebasket positif terinfeksi corona.

“Kita lihat (Presiden Amerika Serikat) Trump menutup perbatasan, dan NBA dihentikan. Tapi F1 terus berjalan,” kata Hamilton.

Di dunia F1 sendiri dilaporkan empat orang anggota tim Haas dan satu dari tim McLaren tengah diisoliasi akibat menunjukkan gejala-gejala yang mungkin terkait dengan corona. Hasil pemeriksaan kelima orang tersebut akan keluar 24-72 jam kemudian.

Namun, Hamilton dengan sinis menutup kemungkinan bahwa gelaran F1 GP Australia akan dibatalkan jika tes kelima orang tersebut menunjukkan hasil positif.

“Itu keputusan besar. Tapi saya dengar hasilnya kebetulan baru akan keluar lima hari lagi (setelah balapan berlangsung).”

Pembalap berusia 35 tahun itu juga menunjuk satu alasan mengapa F1 tetap dilangsungkan. “Uang adalah raja,” katanya membuka.

“Saya mendesak semua orang untuk sebisa mungkin berhati-hati, misalnya saat menyentuh pintu. Saya harap semua orang membawa sabun pembersih tangan.”

“Saya lihat para penggemar bersikap seolah-olah ini hari biasa, tapi saya rasa tidak seperti itu. Saya sungguh-sungguh berharap kita bisa melalui akhir pekan ini dan tidak ada korban.”