Formula 1

Mengenal Perdana Putra Minang, Pembalap Muda yang Harumkan Nama Indonesia

Kamis, 12 Maret 2020 20:03 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Instagram @perdanaminang
Perdana Putra Minang, pembalap muda berusia 18 tahun ternyata pernah mengharumkan nama Indonesia di ajang balap Internasional. Copyright: © Instagram @perdanaminang
Perdana Putra Minang, pembalap muda berusia 18 tahun ternyata pernah mengharumkan nama Indonesia di ajang balap Internasional.

INDOSPORT.COM – Perdana Putra Minang, pembalap muda berusia 18 tahun ternyata pernah mengharumkan nama Indonesia di ajang balap Internasional.

Nama Perdana Putra Minang sudah tak asing lagi di dunia motorsport Indonesia, khususnya di ajang balap gokart lantaran kiprah kariernya bermula dari dunia balap karting.

Kecintaannya di dunia balap sudah terlihat sejak usia 7 tahun, setelah sang ayah yang merupakan penggemar olahraga balap mengajaknya untuk menonton sejumlah kejuaraan motorsport.

Kemudian ia menjajal peruntungannya di kejuaraan gokart nasional. Penampilannya yang mentereng mampu membuat ia mengikuti dan berprestasi di kejuaraan gokart tingkat internasional.

Diantaranya ialah meraih podium di AKOC 2011 di Macau, Hong Kong, Copa Trofeo Griffone di Napoli, Italia serta Rotax Invitational Race 2012 di Malaysia.

Namun diantara sederet kejuaraan gokart nasional dan internasional yang diikutinya, balapan yang paling berkesan bagi Perdana ialah saat mengikuti kejuaraan karting World Finals 2016 di Napoli, Italia. Pasalnya, ia berkesempatan menjadi pembalap wildcard usai meraih podium di International Open di Adria, Italia.

“Kejuaraan World Finals 2016 menjadi momen paling berkesan karena saya berhasil meraih tiket wildcard, dari jadi underdog saya jadi yang tercepat di kualifikasi dari 72 pembalap  dari seluruh dunia dan finish ke 1 di heat sampai prefinal,” ujar Perdana, saat diwawancarai oleh tim INDOSPORT.

“Terus di final saya kecelakaan di start karena tiba-tiba hujan dan semua pakai ban kering saya start pertama jadi tertabrak. Dari posisi terakhir (36) saya finish ke urutan 16,” tambahnya.

Kemudian ia menjajal peruntungannya dengan naik kasta di kejuaraan Formula 4 South East Asia (SEA) Championship pada musim 2017/18 dan juga mencicipi sejumlah kejuaraan seperti CIK-FIA European Championship, Asian Formula Renault, dan MRF Challenge – Formula 2000.

“Kalau untuk Formula. Rd 1 Asian formula Renault 2.0. 2018 Itu balapan official pertama saya di single seater. AFR Zhuhai, china. Masuk sebagai rookie, saya start ke 7 dan berhasil menang,” tukas Perdana, saat kembali mengenang balapan tak terlupakannya tersebut.

Kualitas seorang Perdana Putra Minang bahkan membuat namanya disebut-sebut sebagai The Next Rio Haryanto seperti yang sempat tertulis dalam profilnya di situs resmi Formula 4.

"Perdana jelas merupakan salah satu bintang yang harus diperhatikan. Dengan harapan menjadi Rio Haryanto berikutnya, ia membawa panas untuk kompetisi ini. Hanya waktu yang akan menunjukkan seberapa cemerlang dia akan bersinar di masa depan," tulis situs Formula 4.

Meski kariernya mentereng di ajang motorsport, namun Perdana tak mau menyampingkan pendidikannya. Kini ia tengah mengenyam pendidikan di London, Inggris.

Namun, pembalap yang akrab disapa Dana ini mengaku bahwa dirinya akan melakukan comeback setelah musim panas nanti usai sempat absen selama satu tahun.

“Sekarang saya masih sekolah di London dan vakum untuk setahun ini karena jadwal nya sangat bertabrakan. Insha Allah saya akan balik lagi ke sirkuit setelah musim panas,” tutur pembalap muda tersebut.

Pada comebacknya nanti, Perdana Putra Minang tak memiliki target tinggi dan hanya akan realistis dengan kembalinya ke lintasan akan digunakannya sebagai pemanasan untuk musim yang akan datang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%