Formula 1

F1 GP Australia Dibatalkan, Ini Pernyataan Lewis Hamilton

Jumat, 13 Maret 2020 10:37 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Mark Thompson/GettyImages
Lewis Hamilton turut mengomentari pembatalan F1 GP Australia karena virus Corona. Copyright: © Mark Thompson/GettyImages
Lewis Hamilton turut mengomentari pembatalan F1 GP Australia karena virus Corona.

INDOSPORT.COM - Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, turut menanggapi keputusan dibatalkannya Formula 1 (F1) GP Australia yang rencananya akan dilangsungkan akhir pekan ini.

Pembatalan itu menyusul dampak virus Corona yang semakin merajalela. Teranyar, salah satu tim McLaren dilaporkan telah terjangkit virus asal Wuhan tersebut.

Menanggapi laporan itu, badan pengelola FIA dan Australian Grand Prix Corporation mengeluarkan sebuah pernyataan pada hari Jumat (13/03/20), bahwa ajang pembuka musim 2020, F1 GP Australia, resmi dibatalkan.

Lewis Hamilton pun sependapat dengan keputusan itu. Pembalap tim Mercedes tersebut merasa untuk saat ini menjaga keselamatan diri dari virus Corona adalah hal penting. Hal itu diungkapkan oleh Hamilton dalam cuitannya di media sosial Twitter.

"Sayangnya, ini adalah keputusan yang tepat. Tidak ada yang menginginkan ini, kita semua ingin masuk ke mobil dan melangsungkan balapan, tetapi kita harus realistis dan kita harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan," tulis juara dunia musim lalu tersebut.

"Kenyataannya adalah, ini benar-benar serius karena orang meninggal setiap hari, banyak orang sakit dan bahkan jika mereka tidak sakit, banyak orang yang terpengaruh secara finansial dan emosional. Kita semua harus melakukan tindakan pencegahan," tulisnya lagi.

"Saya tahu ini mengecewakan, karena olahraga menyatukan kita ketika masa-masa sulit, tetapi itu adalah keputusan yang tepat. Dengarkan saran agar tetap aman. Berharap agar bisa segera kembali ke lintasan balap tetapi sementara itu jagalah dirimu sendiri," pungkasnya.

Lewis Hamilton berharap agar wabah virus Corona ini bisa segera berlalu dan Formula 1 bisa kembali dilanjutkan dengan normal. Pihak F1 dan FIA akan mengumumkan lebih lanjut mengenai jadwal baru balapan GP Australia.