Formula 1

‘Korban’ Corona, Ajang F1 GP Australia Resmi Dibatalkan

Jumat, 13 Maret 2020 07:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© formula1.com
Ajang balapan Formula 1 GP Australia yang digelar di Melbourne, resmi dibatalkan menyusul dampak virus corona yang menjangkit salah satu tim McLaren. Copyright: © formula1.com
Ajang balapan Formula 1 GP Australia yang digelar di Melbourne, resmi dibatalkan menyusul dampak virus corona yang menjangkit salah satu tim McLaren.

INDOSPORT.COM – Ajang balapan Formula 1 GP Australia yang digelar di Melbourne, resmi dibatalkan menyusul dampak virus corona yang menjangkit salah satu tim McLaren. 

Badan pengelola FIA dan Australian Grand Prix Corporation mengeluarkan sebuah pernyataan pada hari Jumat (13/03/20) bahwa ajang pembuka musim 2020, GP Australia, yang rencananya digelar akhir pekan ini resmi dibatalkan.

Pembatalan F1 GP Australia ini dilakukan melalui pertemuan dengan sembilan kepala tim balap pada hari Kamis menyusul keputusan tim McLaren yang mundur dari perlombaan karena salah satu anggota tim mereka dinyatakan positif virus corona.

“Menyusul konfirmasi seorang anggota tim balap McLaren dinyatakan positif Covid-19, dan keputusan tim mundur dari GP Australia, Formula 1 dan FIA menyimpulkan bahwa perlombaan tidak boleh dilanjutkan,” demikian isi pernyataan itu.

“Formula 1 dan FIA, dengan dukungan penuh dari Australian Grand Prix Corporation (AGPC) telah mengambil keputusan bahwa semua kegiatan Formula 1 untuk Grand Prix Australia dibatalkan.”

Batalkan balapan perdana musim ini jelas membuat para penggemar yang sudah menantikannya sangat kecewa, terlebih mereka yang sudah mengatongi tiket menonton.

Namun, pihak F1 dan FIA mengatakan akan mengembalikan uang tiket secara penuh. Selain itu, mereka akan mengumumkan lebih lanjut mengenai jadwal baru balapan GP Australia.

Pada ajang GP Australia 2019 lalu, Valtteri Bottas dari tim Mercedes berhasil naik ke podium pertama. Lewis Hamilton, rekan setimnya, menyusul di posisi kedua dan pembalap Red Bull Max Verstapen berada di posisi ketiga.