Formula 1

F1 GP Austria Berpeluang Tetap Digelar, Asal Patuhi Syarat Ini

Jumat, 17 April 2020 10:27 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© redbull.com
Seri balapan F1 GP Austria berpeluang besar akan tetap diselenggarakan, asalkan memenuhi syarat tertentu. Copyright: © redbull.com
Seri balapan F1 GP Austria berpeluang besar akan tetap diselenggarakan, asalkan memenuhi syarat tertentu.

INDOSPORT.COM – Seri balapan GP Austria berpeluang besar akan tetap diselenggarakan, meski wabah virus corona (Covid-19) telah membuat kalender Formula 1 (F1) berantakan.

Melansir dari laman Planet F1, seri balapan GP Austria yang dijadwalkan akan digelar pada 5 Juli mendatang di sirkuit Red Bull Ring berpeluang tetap digelar dan tak akan ditunda maupun dibatalkan, namun harus memenuhi satu persyaratan.

Pemerintah Austria sendiri tak masalah jika seri balapan F1 tersebut tetap digelar, namun dengan kondisi, harus dilaksanakan tertutup dan tanpa penonton.

"Kami tidak ingin menghalangi digelarnya balapan F1 GP Austria. Namun harus digelar dengan pengawasan ketat dan tertutup tanpa kehadiran penonton," ujar Werner Kogler, selaku menteri olahraga dan vice chancellor Austria.

"Tapi semua harus dipertimbangkan, karena berkaitan dengan pembatasan untuk masuk dan keluar dari sebuah negara. Saya tidak mampu mengantisipasi jika pengecualian juga diperlukan di sana dan di sini," tambahnya.

Keputusan ini bisa saja membuat GP Austria menjadi balapan pembuka F1 musim ini. Pasalnya, GP Prancis (28 Juni) yang disebut sebagai seri balapan pembuka kini juga terancam akan ditunda ataupun dibatalkan lantaran kebijakan lockdown yang diperpanjang oleh pemerintah setempat.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengatakan bahwa lockdown diperpanjang hingga bulan Mei dan tak ada yang boleh menggelar acara atau festival besar hingga Juli. Hal itu dilakukan guna memerangi wabah virus corona yang semakin banyak memakan korban jiwa.