Formula 1

Gunakan Joki Saat Balapan Virtual, Pembalap Formula E Dipecat

Kamis, 28 Mei 2020 09:41 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Xavier Bonilla/NurPhoto via Getty Images
Pembalap Formula E, Daniel Abt. Copyright: © Xavier Bonilla/NurPhoto via Getty Images
Pembalap Formula E, Daniel Abt.

INDOSPORT.COM – Pembalap Formula E, Daniel Abt akhirnya resmi diputus kontraknya oleh tim Audi, usai ketahuan menggunakan joki saat balapan virtual pada akhir pekan lalu.

Diketahui Abt kedapatan menggunakan jasa Lorenz Horzing selaku gamer profesional saat berpartisipasi di balapan eSports yang berlangsung di sirkuit virtual Jerman pada akhir pekan lalu, dengan meraih pole position kedua dan finis di urutan ketiga.

Usai melakukan penyelidikan, sikap curang Abt pun akhirnya terungkap. Tim Audi langsung gerak cepat dan dengan tegas melakukan pemutusan kontrak terhadap pembalapnya lantaran menjunjung tinggi sikap sportivitas.

"Integritas, transparansi, dan kepatuhan terhadap aturan adalah prioritas utama bagi kami. Aturan ini berlaku bagi semua yang terlibat dengan kami tanpa terkecuali," tulis keterangan resmi tim Audi.

Audi juga menanguhkan hubungan dengan Daniel Abt. Padahal, pembalap asal Jerman tersebut telah bergabung dengan Audi di ajang Formula E sejak 2014. Kiprah kariernya juga cukup apik yakni menyabet sembilan podium dan dua kemenangan.

Sebelumnya Abt sudah mengakui kesalahannya dan rela harus menyumbangkan uang senilai 8.900 poundsterling (sekitar Rp160 juta) untuk amal sebagai salah satu bentuk permintaan maafnya.

Aksi curang Daniel Abt juga sempat dicurigai oleh para penonton dan peserta lainnya seperti Stoffel Vandoorne dan Jean-Eric Vergne lantaran penampilannya yang apik namun tak memperlihatkan wajahnya selama balapan berlangsung, hingga kecurangan tersebut terbukti benar adanya.