Belum Didukung Pemerintah, Ini Harapan Pembalap Penerus Rio Haryanto

Sabtu, 30 Mei 2020 14:11 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Instagram @perdanaminang
Meski tak mendapatkan dukungan dari pemerintah, Perdana Putra Minang selaku pembalap muda Indonesia memiliki harapan tinggi untuk dunia motorsport Tanah Air. Copyright: © Instagram @perdanaminang
Meski tak mendapatkan dukungan dari pemerintah, Perdana Putra Minang selaku pembalap muda Indonesia memiliki harapan tinggi untuk dunia motorsport Tanah Air.

INDOSPORT.COM – Meski tak mendapatkan dukungan dari pemerintah, Perdana Putra Minang selaku pembalap muda Indonesia memiliki harapan tinggi untuk dunia motorsport Tanah Air.

Pembalap yang sempat disebut-sebut sebagai The Next Rio Haryanto ini pernah meraih podium di ajang karting yaitu AKOC 2011 di Macau, Hong Kong, Copa Trofeo Griffone di Napoli, Italia serta Rotax Invitational Race 2012 di Malaysia.

Kemudian ia menjajal peruntungannya dengan naik kasta di kejuaraan Formula 4 South East Asia (SEA) Championship pada musim 2017/18 dan juga mencicipi sejumlah kejuaraan seperti CIK-FIA European Championship, Asian Formula Renault, dan MRF Challenge – Formula 2000.

Meski telah menorehkan sejumlah prestasi baik di kancah nasional dan internasional, Perdana mengaku belum pernah merasakan dukungan dari pemerintah. Ia pun memakluminya lantaran pemerintah Tanah Air sendiri belum begitu memahami seberapa bergengsi ajang motorsports.

“Jujur saya belum pernah rasain dukungan pemerintah. Mungkin karena pemerintah Indonesia belum terlalu ngerti dan aware seberapa bergengsi ajang motorsport. Terutama single seater/Formula."

"Ada beberapa contoh pembalap yang sempat disupport pemerintah seperti Rio Haryanto. Tapi menurut saya masih jauh dari cukup,” ujar Perdana Putra Minang saat dihubungi tim redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Pembalap berusia 18 tahun itu pun turut mengungkapkan harapannya yakni ingin dunia balap di Indonesia terus berkembang dan saling bahu-membahu, serta bisa bersaing dengan suportif dan tak dipolitisir dengan kepentingan pribadi.

“Harapan saya adalah mudah mudahan dunia balap tanah air terus berkembang. Untuk komunitas balap indonesia terus bersaing dengan sportif jangan selalu di politisir untuk kepentingan masing-masing. Maju bareng, jangan pernah gengsi dan segan sama orang asing,”

“Tunjukin kalo kita juga bisa hebat. Untuk pemerintah, tolong lebih aware dan ngerti seberapa besar nya potensi yang Tanah air kita punya di dunia balap. Tolong jangan disia-siakan karena kesempatan ini ga selalu ada. Dan pasti nya untuk seluruh rakyat indonesia selalu dukung atlet atlet nya. Kalah atau menang,” tukasnya.

Tak hanya itu, Perdana Putra Minang juga mengatakan bahwa para pembalap Indonesia masih punya peluang untuk menjajal atau berkarier di ajang bergengsi seperti Formula 1.

“Menurut saya gaada yang mustahil di dunia ini selama hal yang diinginkan dilakukan dengan benar. Sebenernya banyak anak Indonesia yang berbakat. Saya beruntung orangtua saya bisa besarin saya balap keliling dunia dari kecil. Dimana saya bisa belajar dan dapat jam terbang yang lebih banyak,”

“Di eropa semua nya ada, pembalapnya berkualitas dan difasilitasi dengan lengkap. Saya selalu jadi underdog disana Sebagai orang Indonesia saya selalu dapet stigma pembalap yg gabakal bisa berhasil. Sampe akhir nya saya bisa tunjukin kalo saya juga bisa bersaing. Disitu saya belajar kalo sebenernya orang Indonesia itu bukannya ga berbakat tapi kita besar di environment yang jauh berbeda,” tutupnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%