Formula 1

Resmi Kembali Bergulir, Berikut Kalender 8 Seri Awal F1 2020

Rabu, 3 Juni 2020 08:56 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Formula 1.com
Formula 1 (F1) resmi mengumumkan jadwal kalender delapan seri awal balapan 2020, yang telah disetujui oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA). Copyright: © Formula 1.com
Formula 1 (F1) resmi mengumumkan jadwal kalender delapan seri awal balapan 2020, yang telah disetujui oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA).

INDOSPORT.COMFormula 1 (F1) resmi mengumumkan jadwal kalender delapan seri awal balapan 2020, yang telah disetujui oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA), Selasa (02/06/20).

Melansir dari laman resmi F1, setelah sempat ditangguhkan karena imbas dari pandemi virus corona, kejuaraan Jet Darat akhirnya akan kembali bergulir.

Kalender balapan musim ini akan difinalisasi dalam beberapa pekan mendatang, dengan harapan akan menggelar total 15-18 balapan sebelum akhir musim pada bulan Desember.

Balapan seri perdana akan dibuka dengan menggelar dua race di GP Austria di sirkuit Red Bull Ring pada 5 Juli dan 12 Juli. Kemudian dilangsungkan dengan seri di Hungaria. Kemudian jadwal sementara ini ditutup dengan seri balapan di Italia pada 6 September.

Balapan pembuka nantinya akan digelar secara tertutup atau tanpa penonton, serta diberlakukannya protokol keamanan untuk memprioritaskan kesehatan. Namun jika situasi telah membaik dan memungkinkan, maka seri balapan selanjutnya bisa digelar terbuka untuk penonton.

“Kesehatan dan keselamatan semua pihak yang terlibat dalam kejuaraan ini tetap menjadi prioritas utama, dengan FIA dan F1 akan menerapkan rencana detail dan matang untuk memastikan balapan ini tetap berjalan dengan menjaga tingkat keselamatan dengan prosedur yang ketat,” tulis pernyataan F1.

Sekadar informasi, penerapan delapan seri balapan awal ini juga berlaku untuk jadwal kejuaraan Formula 2 dan Formula 3 yang akan digelar dengan jadwal yang sama.

  • Berikut daftar delapan seri awal kalender F1 2020:
  1.  5 Juli di Spielberg, Austria 
  2. 12 Juli di Spielberg, Austria 
  3. 19 Juli di Budapest, Hongaria 
  4. 2 Agustus di Silverstone, Britania Raya 
  5. 9 Agustus di Silverstone, Britania Raya 
  6. 16 Agustus di Barcelona, Spanyol 
  7. 30 Agustus di Spa-Francorchamps, Belgia 
  8. 6 September di Monza, Italia