MotoGP

MotoGP Berkabung, Pembalap Legendaris Carlo Ubbiali Tutup Usia

Rabu, 3 Juni 2020 10:45 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© MotoGP
Legenda MotoGP, yakni Carlo Ubbiali, selaku peraih sembilan gelar juara dunia meninggal dunia pada Selasa (2/6/20). Copyright: © MotoGP
Legenda MotoGP, yakni Carlo Ubbiali, selaku peraih sembilan gelar juara dunia meninggal dunia pada Selasa (2/6/20).

INDOSPORT.COM - Kabar duka datang dari dunia motorsport. Legenda MotoGP, yakni Carlo Ubbiali, selaku peraih sembilan gelar juara dunia meninggal dunia pada Selasa (2/6/20).

Berita duka tersebut diketahui dari cuitan MotoGP di Twitter. Sang legenda telah mengembuskan nafas terakhirnya pada usia 90 tahun.

"Istirahat dengan tenang Carlo. Kami akan mengenangmu sebagai salah satu pembalap tersukses sepanjang sejarah MotoGP," tulis rilis resmi MotoGP di Twitter.

Carlo Ubbiali merupakan legenda balap yang pernah mendominasi kelas 125cc dan 250cc pada era 1949 hingga 1960-an. Ia mengawali karier balap dengan memenangi gelar pertamanya pada 1950 (125cc) atau setahun setelah menjalani debut.

Selama berkarier, ia telah menyabet sembilan gelar juara dunia, yang membuatnya bertengger di peringkat ketiga klasemen pembalap tersukses sepanjang masa di belakang Giacomo Agostini (15), Angel Nieto (10), serta setara dengan Mike Hailwood dan Valentino Rossi (9).

Selama kariernya, ia hanya membela dua tim saja, yakni MV Agusta dan Mondial. Pembalap asal Bergamo, Italia, tersebut juga mampu mengawinkan gelar di kelas 125cc dan 250cc pada 1956, dan berlanjut pada 1959 dan 1960.

Pembalap yang dikenal amat disiplin dan memiliki gaya membalap unik itu berkali-kali mampu selamat dari kecelakaan selama kariernya.

Carlo Ubbiali kemudian memutuskan untuk gantung helm alias pensiun pada usia 31 tahun atau saat puncak kariernya. Kemudian FIM memasukan namanya ke MotoGP Hall of Fame pada 2001.