MotoGP

Tak Ada Solusi, MotoGP Italia 2020 Resmi Ditiadakan

Kamis, 11 Juni 2020 10:33 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© INDOSPORT
Dorna Sports terpaksa membatalkan seri MotoGP Italia 2020 di Sirkuit Mugello. Copyright: © INDOSPORT
Dorna Sports terpaksa membatalkan seri MotoGP Italia 2020 di Sirkuit Mugello.

INDOSPORT.COMDorna Sports resmi telah meniadakan atau membatalkan gelaran seri balapan MotoGP Italia 2020 yang berlangsung di Sirkuit Mugello.

Sejatinya, MotoGP Italia 2020 akan berlangsung pada 31 Mei lalu, namun harus ditunda lantaran imbas pandemi virus corona. Namun Dorna Sports, pihak penyelenggara Sirkuit Mugello, FIM, dan IRTA pada akhirnya membatalkan seri balapan tersebut lantaran tak menemukan solusi terbaik.

“Terlepas dari usaha semua pihak untuk menemukan solusi masalah ini, ketidakmungkinan menggelar balapan secara terbuka dan kendala atas kondisi ini, tidak memunginkan bagi kami menemukan tanggal untuk menggelar balapan ini,” ujar Paolo Poli, selaku CEO Sirkuit Mugello.

Padahal, Mugello menjadi salah satu balapan yang paling dinantikan oleh pencinta kejuaraan balap bergengsi ini. Sirkuit Mugello juga telah menggelar balapan sejak 1976, serta telah rutin masuk kalender MotoGP sejak 1991.

Melansir dari laman resmi MotoGP, dibatalkannya MotoGP Italia juga disayangkan oleh Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports, di mana mereka juga tak memiliki solusi dalam hal logistik dan operasional.

“Amat disayangkan pembatalan ini harus diumumkan karena kami tidak dapat menemukan solusi untuk masalah logistik dan operasional. Padahal Mugello adalah salah satu sirkuit paling cantik, dan kami juga bangga menyebutnya sebagai tuan rumah dari gelaran Grand Prix Italia,” ujar Carmelo Ezpeleta.

Dibatalkannya seri balapan di Mugello, berarti kejuaraan MotoGP 2020 tinggal menyisakan maksimal 12 balapan saja, sementara tiga seri balapan lainnya masih ditunda dan belum diumumkan apakah bisa dan kapan digelarnya.

Carmelo Ezpeleta juga mengungkapkan bahwa dirinya akan memastikan revisi kalender MotoGP 2020 terbaru akan segera dirilis dalam waktu dekat ini, di mana seluruh balapan akan digelar tertutup tanpa kehadiran penonton.