MotoGP

Apa Kabar Ahmad Jayadi? Mantan Pembalap Indonesia yang Pernah ‘Duel’ dengan Valentino Rossi

Selasa, 23 Juni 2020 20:23 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Ahmad Jayadi, merupakan mantan pembalap nasional yang pernah memperkenalkan nama Indonesia di ajang motorsport dunia dan sempat berduel dengan sosok rider MotoGP Valentino Rossi. Setelah lama tak terdengar, apa kabar Ahmad Jayadi?

Jayadi atau yang akrab disapa Adi ini merupakan pembalap andalan Indonesia pada era penghujung 1990 – 2000an awal. Selain membalap di kancah nasional, ternyata Adi pernah tampil di ajang internasional.

Namun setelah memutuskan untuk pensiun dari ajang balap, Adi kini disibukkan dengan mengelola bisnis bengkel miliknya serta mengelola tim balap yang didirikannya ‘Ahmad Jayadi Racing Team’ (AJRT) sejak tahun 1997 silam yang telah meraih prestasi di ajang nasional dan internasional.

Ia juga mengisi waktu luangnya dengan menggeluti hobinya yakni berkeliling dengan mengendarai sepeda bersama keluarga atau rekan-rekannya. Serta terlibat dalam sejumlah acara balap motor atau sepeda.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jayadi Racing (@jayadiracing) on

Mengarungi Kariernya di Dunia Motorsport

Adi diketahui telah menjadi pembalap lebih dari dua dekade, atau sejak tahun 1993 hingga 2011 lalu. di mana minatnya di dunia motorsport berawal dari sang kakak yang kerap mengajaknya untuk menonton, latihan dan mengikuti sejumlah acara balap, yang akhirnya mulai ditekuninya.

Sejak saat itu, namanya mulai dikenal diberbagai turnamen, lantaran berhasil menyabet titel juara. Hingga pada akhirnya, ia resmi didapuk menjadi rider pabrikan pertama yakni Yamaha pada tahun 1994.

Bergabung dengan tim Yamaha membuat ia mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sejumlah kejuaraan balap, dan ia terus mendulang trofi kejuaraan nasional road race era motor 2-Tak dan mendapatkan julukan sebagai Raja Sentul.

Jika mengingat sosok Adi, pasti juga tak asing dengan nama pembalap Hendriansyah yang dikenal sebagai Dewa Road Race pada masanya. pasalnya, kedua pembalap tersebut selalu terlibat dalam pertarungan sengit di atas aspal.