Formula 1

Komitmen Perangi Rasisme di F1, Hamilton: Saya Akan Terus Berjuang!

Jumat, 10 Juli 2020 15:20 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Thomas Niedermueller/Getty Images for ZFF
Pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton, mengungkapkan komitmennya untuk terus memerangi isu rasisme di ajang Formula 1 (F1). Copyright: © Thomas Niedermueller/Getty Images for ZFF
Pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton, mengungkapkan komitmennya untuk terus memerangi isu rasisme di ajang Formula 1 (F1).

INDOSPORT.COM – Pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton, mengungkapkan komitmennya untuk terus memerangi isu rasisme dan inekualitas di kejuaraan Formula 1 (F1).

Hamilton memang merupakan salah satu olahragawan yang vokal gaungkan isu rasisme, apalagi terkait kampanye Black Lives Matter yang tengah disuarakan di seluruh dunia.

Namun tindakan ini dinilai sebagai salah satu penyebab Hamilton tidak fokus dan gagal meraih podium karena hukuman penalti saat bersenggolan dengan Alexander Albon (Red Bull Racing) di seri pembuka GP Austria pada akhir pekan lalu.

Kemudian pembalap asal Inggris itu pun mengaku bahwa dirinya tak kehilangan fokus dan hanya sedang tak beruntung pada balapan pekan lalu. Ia juga mengungkapkan akan terus memerangi isu rasisme dan inekualitas di kejuaraan F1.

“Pada balapan musim lalu saya tak terpengaruh apa pun. Saya memang hanya perlu tampil lebih baik di balapan selanjutnya,

"Saya fokus seperti biasanya, selain untuk mempertahankan gelar juara, saya juga terus berjuang untuk menjunjung persamaan hak,” ujar Lewis Hamilton seperti diberitakan laman BBC.

Pada F1 GP Austria pada pekan lalu, sejumlah pembalap melakukan aksi berlutut sebagai bentuk dukungan atas aksi Black Lives Matter (BLM) dan keseteraan. Namun pada balapan selanjutnya, aksi tersebut nampaknya tak akan dilakukan kembali.

“Balapan selanjutnya nampaknya kami tak akan melakukannya lagi, karena mungkin F1 akan memutar lagu kebangsaan, jadi saya tak akan mengkin berlutut saat lagu itu diputar,” tambah Lewis Hamilton.

Sekadar informasi, para pembalap F1 kini tengah bersiap untuk melakukan seri balapan kedua musim ini GP Styria yang masih berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring pada Minggu (12/07/20) nanti.