MotoGP

ITDC Percepat Pembangunan Sirkuit Mandalika di Tengah Pandemi Virus Corona

Kamis, 16 Juli 2020 12:20 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter/MotoGP
ITDC saat ini fokus untuk mempercepat pembangunan sirkui Mandalika untuk gelaran MotoGP 2021 di tengah pandemi virus corona. Copyright: © Twitter/MotoGP
ITDC saat ini fokus untuk mempercepat pembangunan sirkui Mandalika untuk gelaran MotoGP 2021 di tengah pandemi virus corona.

INDOSPORT.COM – Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) saat ini fokus untuk mempercepat pembangunan sirkuit Mandalika di tengah pandemi virus corona.

ITDC atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) mengatakan bahwa percepatan pembangunan untuk menyambut penyelenggaraan MotoGP Indonesia yang direncanakan berlangsung pada akhir tahun 2021.

“Kesuksesan penyelenggaraan MotoGP 2021 sangat penting bagi Indonesia, sehingga kami akan memastikan pembangunan sirkuit Mandalika terlaksana sesuai jadwal dan dan memenuhi standard internasional," ujar Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, dilansir dari laman Antara.

Menurut Wamen BUMN itu, kerja sama antara ITDC, PP dan Himbara merupakan suatu komitmen solid dari BUMN untuk mendukung kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2021.

Sirkuit Mandalika memiliki keunikan karena akan menyusuri pinggir pantai yang indah, sehingga diharapkan dapat menjadi daya tarik untuk mendorong industri pariwisata Indonesia.

Guna mempercepat penyelesaian pembangunan, pada hari ini, ITDC menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk pembangunan Sirkuit Mandalika dengan PT PP (Persero) Tbk/PT PP senilai Rp900 miliar.

ITDC juga menandatangani Termsheet Fasilitas Sindikasi Perbankan yang melibatkan anggota HIMBARA yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN untuk mendukung pembangunan Sirkuit.

Penandatanganan PKS dilakukan oleh Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dan Direktur Utama PT PP Novel Arsyad dengan disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, bertempat di Gedung Mandiri Club, Jakarta, Rabu (15/7).

PKS ini efektif berlaku mulai tanggal 15 Juli 2020. Sementara Termsheet Fasilitas Sindikasi Perbankan ditandatangani oleh Farida Thamrin dan Teddy Y. Danas mewakili Bank Mandiri, Litasari Wahju W dan Rommel TP Sitompul mewakili BNI, S. Hernowo dan Hari Setiawan mewakili BRI, dan Sindhu Rahadian Ardita mewakili BTN.

“Kami optimistis kerja sama ITDC dengan PT PP akan mendukung percepatan pembangunan proyek nasional Mandalika Street Circuit yang akan digunakan untuk menggelar event dunia MotoGP Indonesia mulai tahun 2021," kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer.

Dia mengatakan bahwa dengan menggandeng PT PP yang merupakan BUMN jasa konstruksi terintegrasi dengan keahlian dan pengalaman dalam bidang konstruksi, properti, Engineering Procurement Construction (EPC), dan investasi ini, kami yakin akan menghasilkan sebuah sirkuit jalan raya berkualitas Internasional dan sesuai standar yang ditentukan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) serta dapat selesai sesuai jadwal.

"Penyelenggaraan MotoGP diyakini akan mampu menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia hingga mencapai 300 ribu orang per tahun serta memberikan positioning yang kuat bagi Indonesia sebagai negara tujuan hiburan olahraga unggulan di kawasan Asia, sehingga kami optimistis kegiatan ini akan menjadi penggerak kebangkitan pariwisata Indonesia paska Pandemi," katanya.

ITDC mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah baik Pusat dan Daerah, Kementerian BUMN, PT PP dan Bank anggota HIMBARA, sehingga pembangunan Sirkuit Mandalika dan persiapan penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2021 dapat berjalan lancar dan sesuai jadwal.