MotoGP

Cedera Parah, Honda Tak Akan Diperkuat 2 Pembalap di MotoGP Spanyol

Selasa, 21 Juli 2020 09:43 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© motogp.com
Honda Racing Corporation (HRC) tak akan diperkuat dua pembalap andalannya Marc Marquez dan Cal Crutchlow di seri balapan kedua MotoGP Spanyol pekan depan. Copyright: © motogp.com
Honda Racing Corporation (HRC) tak akan diperkuat dua pembalap andalannya Marc Marquez dan Cal Crutchlow di seri balapan kedua MotoGP Spanyol pekan depan.

INDOSPORT.COMHonda Racing Corporation (HRC) tak akan diperkuat dua pembalap andalannya di seri balapan kedua MotoGP Spanyol pada akhir pekan depan.

Diketahui dua rider HRC yakni Marc Marquez (pabrikan Repsol Honda) resmi akan absen setelah mengalami kecelakaan highside jelang lap terakhir di sirkuit Jerez yang jadi seri pembuka MotoGP 2020, Minggu (19/07/20) kemarin.

Kecelakaan ini membuat Marquez mengalami cedera parah yakni mengalami patah diaphyseal transversal atau tulang lengan kanan, dan akan menjalani operasi di Rumah Sakit Universitari Dexeus, Barcelona, Selasa (21/07/20) hari ini.

Mengalami cedera patah tulang kanan membuat Marc Marquez akan absen di seri balapan kedua yakni MotoGP Andalusia (26 Juli), dan jika kondisinya belum pulih secara maksimal, maka ia akan diprediksi kembali absen di seri balapan ketiga MotoGP Republik Ceko (9 Agustus).

Melansir dari laman resmi MotoGP, rider andalan HRC lainnya yakni Cal Crutchlow (satelit LCR Honda) juga akan absen di seri balapan kedua karena juga mengalami cedera parah dan akan naik meja operasi.

Crutchlow diketahui sempat mengalami crash saat warm up lap yang juga menyebabkannya gagal start di sikuit Jerez, Spanyol, akhir pekan lalu, di mana ia terjatuh di tikungan kedelapan.

Awalnya pembalap kawakan tersebut bisa bangkit dan nampak biasa saja usai crash. Namun tak berselang lama, pembalap tim satelit Honda itu mengeluhkan rasa sakit di sejumlah bagian tubuhnya.

Setelah mengalami pemeriksaan medis, ia diketahui mengalami keretakan tulang scaphoid pada pergelangan tangan kirinya dan gegar otak ringan dan trauma pada lehernya. Cedera ini pun membuatnya absen di balapan selanjutnya lantaran juga akan naik meja operasi.

Cal Crutchlow juga akan menjalani operasi di tempat dan di hari yang sama dengan Marquez, yakni di Rumah Sakit Universitari Dexeus di Barcelona pada Selasa (21/07/20), dan sama-sama akn ditangani oleh dr. Xavier Mir selaku Direktur Traumatologi MotoGP.

Hingga saat ini belum dikonfrimasi lebih lanjut kapan Marc Marquez dan Cal Crutchlow akan kembali menjalani balapan, dan siapa pembalap yang akan menggantikannya selama absen untuk menjalani masa pemulihan.