Formula 1

Wow! Sirkuit Silverstone Berani Tawarkan Diri Gelar 12 Laga F1

Senin, 27 Juli 2020 14:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© formula1.com
Sirkuit Silverstone mengaku bersedia menggelar 12 balapan F1. Copyright: © formula1.com
Sirkuit Silverstone mengaku bersedia menggelar 12 balapan F1.

INDOSPORT.COM - Kalender Formula 1 (F1) 2020 yang berantakan membuat pengelola Sirkuit Silverstone, Inggris, tak bisa tinggal diam. Mereka sempat melempar tawaran menggelar 12 balapan dalam kurun waktu beberapa bulan.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan Sirkuit Silverstone terhadap ajang F1 yang terganggu penyelenggaraannya akibat pandemi virus corona Covid-19 yang sampai saat ini masih melanda dunia.

“Kami mengatakan bahwa kami akan mendukung semampunya. Kami bisa menyediakan tempat untuk balapan berbulan-bulan,” ucap pimpinan sirkuit, Stuart Pringle, kepada laman berita Motorsport.com.

“Kirim tim Italia, tim Swiss, dan kru Pirelli, dan tempatkan mereka di Silverstone untuk beberapa bulan, lalu gelar 12 balapan di sana, tayangkan di televisi, itu kan yang diinginkan?” tambahnya lagi.  

Sayangnya, ide ini kurang mendapat tanggapan positif dari para petinggi F1 hingga akhirnya Sirkuit Silverstone diputuskan hanya akan menggelar dua balapan musim ini.

“Pandangan tersebut dianggap cukup buruk. Akan tetapi, mereka (pihak F1), berkata bahwa menggelar dua balapan sudah akan sangat membantu,” tambah Stuart Pringle.

Berdasarkan keputusan tersebut, Sirkuit Silverstone pun dimandatkan menjadi tuan rumah dua balapan yakni GP Inggris akhir pekan ini dan disusul GP Anniversary sepekan berikutnya.

Untungnya, kalender F1 untuk musim 2020 berhasil direvisi dengan cukup baik dengan menambahkan tiga balapan anyar yakni GP Eifel di Sirkuit Nurburgring, GP Emilia Romagna di Sirkuit Imola, dan GP Portugal di Sirkuit Portimao.

GP Eifel sendiri akan berlangsung di Jerman pada 11 Oktober, sedangkan GP Portugal pada 25 Oktober, dan GP Emilia Romagna pada 1 November.

Khusus untuk balapan di Sirkuit Imola, rencananya jadwal akan dipersingkat, yakni dua hari saja. Pasalnya, F1 belum menyepakati format resminya. Akan tetapi, diperkirakan waktu untuk latihan bebas dan kualifikasi dipadatkan menjadi sehari, dan sisanya untuk balapan.

Untuk saat ini, sesuai kalender F1 2020, total balapan dalam satu musim ada 13 seri, termasuk dua seri di Sirkuit Silverstone pada 2 dan 9 Agustus.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%