Formula 1

Sergio Perez Positif Corona, Racing Point Siapkan Pembalap Pengganti

Jumat, 31 Juli 2020 07:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Laurent Charniaux/Pool via Getty Images
Pembalap Racing Point, Sergio Perez, akan absen di balapan Formula 1 (F1) GP Inggris 2020 karena positif virus corona. Copyright: © Laurent Charniaux/Pool via Getty Images
Pembalap Racing Point, Sergio Perez, akan absen di balapan Formula 1 (F1) GP Inggris 2020 karena positif virus corona.

INDOSPORT.COM - Jelang Formula 1 (F1) GP Inggris 2020, Racing Point harus putar otak setelah hasil tes virus corona Covid-19 Sergio Perez dinyatakan positif.

Hal tersebut diketahui setelah sang pembalap mendapatkan hasil tesnya pada Kamis (30/07/20). Dengan demikian, ia harus absen di balapan akhir pekan ini dan menjalani perawatan sesuai prosedur medis yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, para pembalap dan staf F1 memang diwajibkan melakukan tes kesehatan untuk memastikan diri aman dari virus corona. Hasilnya, tak ada satu pun pembalap yang dinyatakan positif sebelum Sergio Perez.

Meski demikian, pihak F1 memastikan GP Inggris akan tetap berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Mereka yang melakukan kontak dengan Perez pun sudah di-tracking dan diminta melakukan isolasi mandiri.

“Dengan bantuan penyelenggara setempat, otoritas kesehatan, dan delegasi Covid-19 FIA, hal-hal terkait trek dan balapan sudah ditangani. Seluruh pihak yang melakukan kontak dekat juga sudah dikarantina,” ucap pihak F1, dilansir dari laman ESPN.

“Prosedur yang ditetapkan oleh FIA dan F1 tidak akan memengaruhi jalannya balapan akhir pekan ini,” demikian tambahan bunyi pernyataan tersebut.

Dengan ini, Racing Point pun harus mencari pembalap pengganti Sergio Perez. Banyak kabar menyebut posisi tersebut akan diberikan kepada pembalap veteran yang pernah membela Renault, Nico Hulkenberg.

Nico Hulkenberg sendiri tentu bukan orang baru di ajang balapan Formula 1. Ia hengkang dari Renault tahun lalu dan digantikan oleh Esteban Ocon untuk musim 2020 ini.

Pembalap asal Jerman itu pun digadang-gadang akan menggantikan Perez lantaran namanya mencuat sebagai kandidat favorit ketimbang Stoffel Vandoorne atau Esteban Gutierrez.

Pasalnya, Vandoorne saat ini tengah mempersiapkan diri untuk Formula E, sedangkan Racing Point kemungkinan enggan menggunakan Gutierrez yang sudah tidak berkompetisi di F1 sejak meninggalkan Haas pada tahun 2016.

Rangkaian balapan F1 GP Inggris 2020 akan dimulai hari ini, Jumat (31/07/20) dengan agenda FP1 dan FP2. Sesi FP3 dan kualifikasi akan dilangsungkan esok hari, Sabtu (01/08/20) lalu dilanjutkan balapan puncak pada Minggu (02/08/20).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%