MotoGP

Valentino Rossi Selangkah Lagi Jadi yang Terbaik Sepanjang Masa

Rabu, 5 Agustus 2020 21:25 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images
Pembalap MotoGP, Valentino Rossi, tinggal selangkah lagi untuk mengukir rekor sebagai pembalap pertama di kelas teratas yang menembus 200 podium. Copyright: © Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images
Pembalap MotoGP, Valentino Rossi, tinggal selangkah lagi untuk mengukir rekor sebagai pembalap pertama di kelas teratas yang menembus 200 podium.

INDOSPORT.COM - Pembalap MotoGP, Valentino Rossi, tinggal selangkah lagi untuk mengukir rekor sebagai pembalap pertama di kelas teratas yang menembus 200 podium. 

Valentino Rossi masih belum berhenti membalap meski usianya sudah menyentuh 42 tahun. Meski prestasinya tak seperti dulu, namun The Doctor masih sanggup menjaga performanya dalam persaingan level atas. 

Hal ini terbukti dari podium ketiga yang ia raih pada balapan MotoGP Andalusia pekan lalu. Valentino Rossi pun kini di ambang rekor baru menjelang balapan MotoGP Ceko di sirkuit Brno. 

Seperti diketahui, Valentino Rossi saat ini memegang rekor sebagai pembalap dengan jumlah podium terbanyak, yakni 199. Satu podium lagi, itu artinya ia akan jadi pembalap pertama yang menyentuh angka 200 podium di kelas teratas balap motor. 

Rekor ini jauh dari pesaing terdekatnya yang kini sudah pensiun, yakni Jorge Lorenzo (114 podium) dan Dani Pedrosa (112). Sementara Marc Marquez ada di posisi keempat dengan 95 podium. 

Saat ini Valentino Rossi telah mengolekis 89 podium pertama, 61 podium kedua, dan 49 podium ketiga. Podium kelas atas pertama Rossi diraih pada tahun 2000 di kelas 500cc. Saat itu, Fabio Quartararo masih berusia satu tahun. 

Valentino Rossi menjadi legenda dunia balap dengan raihan tujuh gelar dunia kelas puncak (MotoGP/500cc) dan dua gelar masing-masing di 250cc dan 150cc. 

Dekade 2000-an menjadi milik Rossi karena ketujuh gelar dunia tersebut diraihnya di dekade tersebut (2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, 2009). Rekor itu mulai didekati Marc Marquez yang kini sudah mengoleksi enam gelar juara dunia kelas puncak.

Valentino Rossi bisa dibilang pembalap lintas zaman. Ia pernah bersaing dengan nama-nama seperti Max Biaggi, Mick Doohan, lalu berlanjut ke era Casey Stoner, Dani Pedrosa, Nicky Hayden, Jorge Lorenzo, hingga era pembalap muda MotoGP masa kini seperti Marc Marquez, Andrea Dovizioso, Fabio Quartararo, dan lainnya.