Formula 1

Jadwal Balapan Formula 2: Tantangan Berat Sean Gelael di Silverstone

Sabtu, 8 Agustus 2020 08:51 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© sean-gelael.com
Pembalap Tim DAMS Sean Gelael di Formula 2 (F2) 2020. Copyright: © sean-gelael.com
Pembalap Tim DAMS Sean Gelael di Formula 2 (F2) 2020.

INDOSPORT.COM – Jadwal Kejuaraan FIA Formula 2 (F2) 2020 di Sirkuit Silverstone, Inggris menjadi ajang bagi pembalap Indonesia, Sean Gelael, untuk melewati tantangan sulit di putaran kelima.

Putaran kelima Kejuaraan FIA Formula 2 2020 dipastikan sulit dilalui bagi pembalap manapun, bahkan sekaliber pembalap F1 karena Sirkuit Silverstone yang menjadi tempat balapan akhir pekan nanti dikenal kejam terhadap ban.

Layout sirkuit mengharuskan pembalap dan mobil bekerja keras menaklukkan beragam tikungan cepat. Hal ini tak akan bisa berhasil tanpa didukung oleh pilihan ban yang tepat.

Akan tetapi permasalahannya, balapan F1 dan F2 nanti akan memakai ban yang lebih lunak yang disediakan oleh Pirelli. Tentunya ini menjadi tantangan tersendiri bagi pembalap guna menghindari kejadian tak diinginkan.

Pada pekan lalu saja, ban lebih keras menyebabkan insiden tak mengenakkan. Di F1 terjadi pecah ban jelang finis balapan yang nyaris membuat Lewis Hamilton gagal juara.

Sementara di ajang F2 pada pembalap juga tampak kewalahan menjelang finis karena mengenakan ban keras, baik itu saat Feature Race maupun Sprint Race.

Sirkuit Silverstone akan dipakai lagi pada akhir pekan ini untuk menandai “70th F1”, di mana dalam sejarahnya F1 pertama kali digelar pada Mei 1950 di Silverstone.

Ban keras tetap dipakai sebagai pilihan prime di F1, namun untuk option medium diganti ban lunak. Ban lunak dipakai untuk membuat sesuatu berbeda dan balapan sulit diprediksi, meski digelar di venue yang sama.

Di sisi lain untuk pembalap Indonesia, Sean Gelael, wajib mengalahkan tantangan ini bila ingin memperbaiki hasil buruk pada seri sebelumnya. Pada balapan sebelumnya, pembalap DAMS ini gagal mendapatkan poin dan belum memperlihatkan performa impresif.

"Apa pun bannya, saya mesti memperbaiki diri pada balapan kedua di Silverstone. Tetap berpikiran untuk meraih hasil positif sangat penting bagi saya," kata Sean Gelael dilansir dari situs resmi pribadinya.

Seluruh sesi F2 pada putaran 70th F1 yang dimulai Jumat (07/08/20) ini bakal disiarkan langsung via livestreaming di www.sean-gelael.com.


Jadwal Balapan Silverstone

Sabtu, 8 Agustus
21.45 WIB: Race 1 (29 lap or 60' + 1 lap)

Minggu, 9 Agustus
16.10 WIB: Race 2 (21 lap or 45' + 1 lap)