MotoGP

Hasil MotoGP Austria: Andrea Dovizioso Jadi Juara di Balapan Penuh Drama

Minggu, 16 Agustus 2020 20:34 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Andrea Dovizioso juara MotoGP Austria 2020. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Andrea Dovizioso juara MotoGP Austria 2020.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil balapan MotoGP Austria yang berlangsung di sirkuit Red Bull Ring pada hari ini, Minggu (16/08/20), di mana penuh dengan drama dan sangat menarik.

Pembalap andalan Ducati Team, Andrea Dovizioso kembali meraih juara di MotoGP Austria usai menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 28 menit 20,853 detik di sirkuit Red Bull Ring.

Dovizioso yang start dari posisi keempat memang telah tampil kuat sejak dimulainya balapan, momentum kemenangannya semakin terbuka setelah dua penantang terberatnya, Pol Espargaro (KTM Red Bull) mengalami crash dan berhasil menyalip Jack Miller (Pramac Ducati).

Kemudian Joan Mir (Suzuki Ecstar) sukses meraih podium kedua dengan selisih waktu 1,377 detik dari Dovizioso, setelah sukses menjadi kuda hitam di Red Bull Ring. Sebelumnya ia bertarung di posisi keempat dan kelima bersama Alex Rins, namun rekan setimnya tersebut crash dan DNF.

Mir secara mengejutkan mampu menyalip Jack Miller di jelang garis finis dan meraih podium pertamanya di kelas premier, lantaran rider tim satelit Ducati tersebut merasa kondisi bannya telah habis. Meski demikian, Miller sendiri sukses mengamankan podium ketiga dengan selisih waktu 1,549 detik.

Brad Binder (KTM Red Bul) berhasil membawa timnya finis di urutan keempat, disusul oleh Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha).

Lalu ada Takaaki Nakagami (LCR Honda), Danilo Petrucci (Ducati Team), Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT), Iker Lecuona (KTM Tech3) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) yang berada di peringkat 10 besar.

Balapan kali ini diwarnai dengan insiden penuh drama, terutama terjadi kecelakaan yang menimpa Johann Zarco (Reale Avintia) dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT), karena keduanya bersenggolan sebelum memasuki tikungan ketiga di lap sembilan.

Kecelakaan hebat tersebut membuat motor kedua pembalap hingga terpental, dan nyaris mengenai Valentino Rossi yang sepersekian detik saja.

Namun rider kawakan tersebut selamat meski nampak shock saat berada di paddock karena red flag dikibarkan, dan balapan kembali dimulai dengan 20 lap.

Selain itu, di lap kesembilan, Pol Espargaro yang berpotensi meraih juara harus mengalami kecelakaan di tikungan empat setelah tertabrak Miguel Oliveira (KTM Tech3) yang nampak melebar.

Lalu ada drama di lap 10 dengan Alex Rins yang sempat memimpin balapan usai sukses menyalip Andrea Dovizioso harus terjatuh ke arah gravel di tikungan kelima.

Untuk lebih lengkapnya, berikut hasil keseluruhan balapan MotoGP Austria 2020: