Formula 1

Lebarkan Sayap, Lewis Hamilton Kini Punya Tim Balap Sendiri

Selasa, 8 September 2020 21:27 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Lars Baron/Getty Images
Pembalap Formula 1 (F1) dari tim Mercedes, Lewis Hamilton, telah memiliki tim balap yang bernama X44. Copyright: © Lars Baron/Getty Images
Pembalap Formula 1 (F1) dari tim Mercedes, Lewis Hamilton, telah memiliki tim balap yang bernama X44.

INDOSPORT.COM - Pembalap Formula 1 (F1) dari tim Mercedes, Lewis Hamilton, telah memiliki tim balapnya sendiri yang diberi nama X44.

Akan tetapi, tim X44 tidak berlaga di F1, melainkan Extreme E, yakni balap mobil off-road yang menggunakan SUV elektrik. Ajang ini termasuk anyar dan balapannya baru akan digelar pada tahun 2021.

Cakupan balapan Extreme E sendiri adalah jalanan off-road yang ekstrem dan pastinya memacu adrenalin. Lewis Hamilton pun merasa senang bisa berpatisipasi di gelaran ini meski dirinya bukan berperan sebagai pembalap.

“Ini adalah proyek yang sangat menarik dan pasti akan menyenangkan bisa merasakan peran selain pembalap,” ujar Hamilton seperti diberitakan laman Autosport.

Salah satu faktor yang pada akhirnya membuat Hamilton tertarik berinvestasi di tim Extreme X adalah kecintaanya terhadap lingkungan. Ia berharap bisa menciptakan sinergi yang apik antara balap mobil dan kampanye mencintai bumi serta lingkungan.

“Yang paling menarik, bahwa kejuaraan Extreme E tidak hanya meningkatkan kesadaran kita terhadap isu-isu lingkungan yang tengah dihadapi planet ini, tetapi juga bekerja sama dengan organisasi-organisasi amal,

“Masing-masing kita punya kekuatan untuk melakukan perubahan. Ini hal yang sangat berharga karena saya bisa menggunakan rasa cinta saya terhadap balapan dan lingkungan, untuk menciptakan dampak yang positif,” jelasnya.

Pemilihan nama X44 sendiri bukan sembarang dilakukan Lewis Hamilton. Pasalnya, angka tersebut adalah angka ‘keramat’ yang sudah menaungi sang pembalap sejak mengarungi ajang Formula 1 (F1) pada musim 2014.

Sementara itu, dalam aturan yang sudah dibuat, pembalap di Extreme X akan diwakili dua orang yang berpasangan, laki-laki dan perempuan. Namun siapa yang akan menjadi perwakilan tim X44 sendiri belum diumumkan.

Sementara itu, Lewis Hamilton hingga saat ini masih merajai klasemen pembalap F1 dengan 164 poin. Sempat begitu berjaya sejak awal musim, dominasinya akhirnya runtuh di ajang GP Italia pekan lalu lantaran hanya finis di posisi ketujuh.