MotoGP

Cerita Mistis Sirkuit Sepang yang Jadi Saksi Bisu Tewasnya Marco Simoncelli

Jumat, 18 September 2020 19:57 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Australia Motorcycle News
Meski namanya diabadikan menjadi Sirkuit di Italia, namun mendiang Simoncelli tentu akan selalu memiliki ikatan dengan Sirkuit Sepang. Copyright: © Australia Motorcycle News
Meski namanya diabadikan menjadi Sirkuit di Italia, namun mendiang Simoncelli tentu akan selalu memiliki ikatan dengan Sirkuit Sepang.

INDOSPORT.COM - Balapan MotoGP akan digelar di Sirkuit Misano yang kini berganti nama menjadi Misano World Circuit Marco Simoncelli. Meski namanya diabadikan menjadi Sirkuit di Italia, namun mendiang Simoncelli tentu akan selalu memiliki ikatan dengan Sirkuit Sepang.

Sirkuit Sepang di Malaysia menjadi saksi bisu kecelakaan tragis yang merenggut nyawa Simoncelli. 

Simoncelli tewas di Sirkuit Sepang pada 12 Oktober 2011 silam saat ia terjatuh dari motornya di tikungan 11 dan langsung tertabrak motor Valentino Rossi dan Colin Edwards yang tak bisa menghindar.

Simoncelli dimakamkan di Santa Maria Churchyard, Coriano, Italia pada 27 Oktober 2011. Meninggalnya Simoncelli meninggalkan duka mendalam untuk dunia balap dunia dan dikenang hingga kini.

Ayahanda Marco Simoncelli, Paolo Simoncelli, bahkan masih teringat bagaimana sang putra ternyata memiliki ikatan dengan Sirkuit Sepang.

Semasa hidupnya, Simoncelli punya cerita menarik dengan Sirkuit Sepang yang ternyata menjadi tempat balapan terakhirnya sebelum meninggal dunia. Pembalap kelahiran 20 Januari 1987 itu memiliki inisial 'Sic' yang sama seperti inisial Sepang.

"Makanya, setiap dari Sepang saya dan Marco selalu membeli banyak cinderamata untuk oleh-oleh. Karena inisial sirkuit yang kebetulan sama dengan inisal Marco," ujar Paolo.

Meski meninggalkan kisah pilu, namun Sirkuit Sepang juga memiliki kisah mistis tersendiri untuk mendiang Simoncelli. Sepang menjadi tempat serba pertama untuk pria yang meninggal di usia 24 tahun itu.

Pada 2008 silam, Simoncelli meraih gelar juara dunia GP 250 Cc di sirkuit tersebut. Sepang juga menjadi tempat pertama Simoncelli kala memulai debutnya di kelas MotoGP.

Simoncelli menggeber motor MotoGP pertamanya di Sepang pada 2010 dalam sesi tes pramusim di Sepang. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%