Formula 1

Hasil Kualifikasi F1 GP Eifel: Valtteri Bottas Rebut Pole Position

Sabtu, 10 Oktober 2020 21:46 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Mark Thompson/Getty Images
Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, berhasil menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi Formula 1 (F1) seri GP Eifel di Sirkuit Nurburgring, Jerman. Copyright: © Mark Thompson/Getty Images
Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, berhasil menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi Formula 1 (F1) seri GP Eifel di Sirkuit Nurburgring, Jerman.

INDOSPORT.COM - Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, berhasil menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi Formula 1 (F1) seri GP Eifel di Sirkuit Nurburgring, Jerman, Sabtu (10/10/20).

Valtteri Bottas akan menempati pole position untuk balapn F1 GP Eifel yang akan digelar Minggu (11/10/20) besok. Bottas mencatatkan waktu tercepat dalam sesi kualifikasi dengan catatan waktu 1 menit 25,269 detik.

Menyusul di tempat kedua yakni rekan setim Bottas, Lewis Hamilton, dengan selisih waktu 0,256 detik. Lalu posisi ketiga dihuni pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen dengan selisih waktu 0,293 detik.

Ini merupakan pole position ketiga Bottas di F1 2020. Ini sekaligus menjadi pole position pertama pembalap Finlandia tersebut. 

Di sesi kualifikasi 1,  Lewis Hamilton sempat unggul dengan catatan waktu lap 1 menit 26.703 detik. Namun tak perlu waktu lama, Max Verstappen langsung bebrbalik unggul dan memuncaki klasemen di kualifikasi 1 dengan torehan waktu 1 menit 26.319.

Hamilton lalu membalas di sesi kualifikasi 2 dengan catatan waktu 1 menit 25,390 detik berselisih 0,077 detik. Memasuki kualifikasi 3,  persaingan semakin menjadi dan kini Verstappen menghadapi dua pembalap Mercedes, Hamilton dan Bottas.

Bottas sukses mencetak waktu tercepat di ketiga sektor, sementara Verstappen harus gigit jari usai kehilangan grip di sektor terakhir dan harus puas ada di peringkat ketiga terpaut 0,2 detik dari Bottas.

Babak kualifikasi juga sempat diwarnai persaingan sengit du pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc yang berebut satu tempat saat kualifikasi 3. Leclerc mampu tampil hemilang dan mengungguli Vettel dan berhak ada di urutan empat.

Hasil Lengkap Kualifikasi F1 GP Eifel 2020

1. Valterii Bottas (Mercedes)
2. Lewis Hamilton (Mercedes)
3. Max Verstappen (Red Bull Racing)
4. Charles Leclerc (Ferrari)
5. Alexander Albon  (Red Bull Racing)
6. Daniel Ricciardo (Renault)
8. Lando Norris (MacLaren)
9. Sergio Perez (Racing Point)
10. Carlos Sainz Jr (McLaren)