In-depth

Kiprah 5 Pembalap F1 Wanita, Ada yang Pernah Saingan dengan Schumacher

Jumat, 16 Oktober 2020 15:03 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Tony Duffy/Getty Images
Pembalap F1 perempuan asal Italia, Lella Lombardi. Copyright: © Tony Duffy/Getty Images
Pembalap F1 perempuan asal Italia, Lella Lombardi.

INDOSPORT.COMFormula 1 menjadi ajang balapan jet darat yang paling digemari sejak Kejuaraan Dunia digelar 70 tahun silam. Namun dalam penyelenggaraannya, tercatat hanya ada lima pembalap wanita yang ikut berpartisipasi.

Bahkan hanya dua dari mereka yang benar-benar start dalam balapan Grand Prix. Giovanna Amati menjadi pembalap wanita terakhir yang ikut serta di kejuaraan dunia F1, dan itu sudah berlangsung 28 tahun yang lalu.

Berikut ini INDOSPORT ulas kiprah para pembalap wanita yang pernah mengaspal di lintasan Formula 1.

Maria Teresa de Filippis

Maria adalah pionir pembalap wanita di Formula 1. Ia pertama kali membalap di musim 1958, tepatnya di GP Monaco bersama tim Maserati. Namun sayangnya saat itu dia tak lolos kualifikasi. Barulah di GP Belgia di tahun yang sama, ia dapat kesempatan pertama kali mengaspal dan finish di posisi ke-10.

Kemudian ia turun lagi di GP Portugal dan GP Italia, meski akhirnya tak mampu finish. Di musim berikutnya, Maria ikut lagi balapan GP Monaco. Bersama tim Behra-Porsche, ia lagi-lagi gagal lolos kualifikasi.

Ia akhirnya memutuskan keluar dari ajang F1 sejak musim 1958 yang menelan banyak rekan-rekan pembalapnya. Namun Maria Teresa de Filippis tetap aktif di dunia otomotif, bahkan mendirikan Maserati Club pada 2004 lalu.

Dalam wawancara bersama The Observer pada 2006 silam, Maria mengaku sedikit terkejut bahwa tak banyak pembalap wanita yang mengikuti jejaknya. Ia merasa para pihak yang punya dana, belum percaya untuk memodali seorang pembalap perempuan.

Lella Lombardi

Setelah Maria Teresa de Filippis, baru ada lagi pembalap F1 perempuan setelah 15 tahun, yakni sesama orang Italia bernama Lella Lombardi. Dalam rentang 1974-1976, Lella membalap bersama tiga tim, yakni March, RAM, dan Williams.

Lella bersama Maria menjadi dua pembalap wanita yang mampu lolos kualifikasi balapan F1 hingga kini. Lella juga menjadi pembalap perempuan satu-satunya yang mampu mencetak poin, tepatnya 0,5 poin dari balapan GP Spanyol setelah finish di posisi keenam.

Lella Lombardi juga tercatat sebagai pembalap F1 wanita tersukses dengan turun di 12 balapan Grand Prix.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%