MotoGP

Beri Kejutan, Bos Honda: Andi Gilang Jadi Pembalap Asia Terbaik di Moto2

Minggu, 8 November 2020 09:05 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pembalap asal Indonesia, Andi Farid Izdihar atau Andi Gilang mendapatkan pujian setinggi langit dari bos Honda Team Asia usai tampil impresif di kualifikasi Moto2 Eropa 2020, Sabtu (07/11/20).

Pepatah Jawa berbunyi “Alon-alon asal kelakon” pantas tersemat untuk Andi Gilang, lantaran secara mengejutkan mencatatkan hasil apik di sesi kualifikasi yang berlangsung di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Pembalap asal Sulawesi Selatan itu sukses menembus kualifikasi 2 (Q2) untuk pertama kali pada musim debutnya di Moto2. Andi berhasil mengamankan satu tiket untuk ke Q2 usai sempat duduk di posisi kedua Q1.

Hingga akhirnya menorehkan catatan waktu terbaiknya yakni 1 menit 46,513 detik. Ini berarti, Andi akan memulai balapan dari posisi ke-12 di Moto2 Eropa, Minggu (08/11/20).

Penampilan apik Andi Gilang pun menuai pujian tinggi dari Hiroshi Aoyama selaku bos Honda Team Asia, yang mengatakan bahwa Andi menjadi pembalap Asia terbaik di sesi kualifikasi Moto2 Eropa.

“Tak mudah bagi pembalap untuk memilih ban yang tepat di kondisi trek basah. Andi Gilang melakukan pekerjaan yang baik, tak memiliki kendala saat di Q2 meski sempat kesulitan memilih ban,” kata Hiroshi Aoyama, dilansir dari laman resmi Honda Team Asia.

“Tapi Andi berhasil mengumbah situasi dengan sempurna dan akan memulai balapan dari posisi ke-12, serta menjadi pembalap Asia terbaik di kualifikasi Moto2 Eropa. Kami sangat bangga akan hal ini,” jelasnya.

Sementara itu, Andi sendiri merasa senang dengan perkembangan performa yang telah ia tunjukkan, serta mencatatkan kualifikasi terbaiknya selama balapan di Moto2.

“Saya senang dengan perkembangan terutama di kualifikasi, yang menjadi catatan terbaik saya sejauh ini di Moto2. Meski sempat ada tantangan, namun kami telah menemukan momen terbaik untuk menyerang. Saya harus mencoba yang terbaik untuk meraih poin di sesi balapan,” kata Andi Gilang.

Sementara itu, rekan setimnya yakni Somkiat Chantra akan start dari posisi ke-26 di race Moto2 Eropa lantaran membuat kesalahan dalam pemilihan strategi ban.