MotoGP

Resmi, Cal Crutchlow Kembali ke Yamaha Gantikan Jorge Lorenzo

Jumat, 13 November 2020 19:34 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor:
© INDOSPORT
Yamaha baru saja meresmikan Cal Crutchlow sebagai pembalap penguji untuk MotoGP 2021. Copyright: © INDOSPORT
Yamaha baru saja meresmikan Cal Crutchlow sebagai pembalap penguji untuk MotoGP 2021.

INDOSPORT.COM - Yamaha baru saja meresmikan Cal Crutchlow sebagai pembalap penguji di MotoGP 2021. Ia menggantikan Jorge Lorenzo yang kontraknya telah habis.

Kabar kembali bergabungnya Cal Crutchlow ke tim Yamaha dikonfirmasi melalui laman resmi MotoGP pada Jumat (13/11/2020). Pembalap berusia 35 tahun itu akan memulai kiprahnya pada shakedown test di Sepang, Malaysia, pada 7 Februari 2021 mendatang.

"Yamaha mengukuhkan Cal Crutchlow sebagai pebalap tes 2021. Pembalap Inggris itu bergabung kembali dengan pabrik Iwata musim depan," tulis laman resmi MotoGP.

Ia juga akan mengambil bagian dalam berbagai tes resmi IRTA dan tes privat Yamaha untuk mengembangkan motor balap YZR-M1.

Musim ini, Cal Crutchlow memperkuat LCR Honda. Yamaha memilihnya karena dinilai menjadi sosok test rider yang ideal berkat kiprahnya di MotoGP.

Pembalap asal Inggris itu juga merupakan jebolan Yamaha ketika meraih kemenangan di kejuaraan dunia Supersport pada 2009 dan bersaing di World Superbike pada 2010 silam.

Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, sangat senang bisa menyambut kembalinya Cal Crutchlow ke dalam skuatnya.

"Pengalamannya sangat panjang serta pendekatan Cal yang jujur akan sangat bermanfaaat untuk meningkatkan motor kami dengan program pengujian penuh pada tahun depan," kata Lin Jarvis.

Cal Crutchlow mengawali karir di dunia MotoGP pada 2011 lalu saat membela Yamaha Tech3. Selain Yamaha, ia juga pernah memperkuat dua tim yaitu Honda dan Ducati.