Formula 1

Resmi, Tim Haas Tunjuk Pietro Fittipaldi Gantikan Grosjean di F1 GP Sakhir

Senin, 30 November 2020 19:12 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Tim Haas resmi menunjuk Pietro Fittipaldi untuk jadi pembalap pengganti sementara Romain Grosjean di seri balapan Formula 1 (F1) GP Sakhir.

Pietro resmi turun balapan di seri ke-16 GP Sakhir yang akan berlangsung pada Minggu (06/12/20) akhir pekan ini, untuk menggantikan Grosjean yang belum fit pasca kecelakaan di GP Bahrain akhir pekan kemarin.

Grosjean diketahui baru saja mengalami kecelakaan hebat setelah sempat bersenggolan dengan mobil AlphaTauri yang dikemudikan oleh Daniil Kvyat di lap pertama, yang mengakibatkan dirinya menabrak pagar besi dan membuat jet daratnya terbelah dua serta terbakar.

Pembalap asal Prancis tersebut nyaris terbakar hidup-hidup selama beberapa detik sebelum akhirnya bisa selamat berkat bantuan para marshal dan tim medis yang sigap. Kecelakaan tersebut membuat Grosjean mengalami luka bakar ringan di tangan dan pergelangan kaki.

Meski dikabarkan sudah diperbolehkan pulang pada Selasa (01/12/20) besok, namun Grosjean belum dinyatakan fit untuk kembali balapan. Posisinya kemudian digantikan oleh Pietro, yang sebelumnya memang menjadi pembalap penguji dan cadangan tim Haas.

“Telah diputuskan bahwa pilihan terbaik bagi Romain Grosjean ialah melewatkan setidaknya satu balapan. Lalu Pietro Fittipaldi akan menggantikan posisinya,” kata Guenther Steiner selaku bos tim, dilansir dari laman resmi Haas.

“Pietro akan mengendarai mobil VF-20, dia telah bersama kami selama dua musim terakhir sebagai pembalap penguji dan cadangan. Ini tentu menjadi kesempatan yang bagus untuknya. Saya yakin dia akan melakukan pekerjaanya dengan baik,” jelasnya.

Pietro tentunya merasa senang dengan kesempatan pertamanya untuk berkompetisi di ajang F1. Meski demikian, ia juga berharap Romain Grosjean segera pulih.

Pietro Fittipaldi sendiri merupakan cucu dari juara dunia F1 dan Indy500 dua kali, Emerson Fittipaldi. Ia juga sebelumnya menjadi juara di ajang World Serier Formula V8 3.5 2017.