MotoGP

Belum Pasti Turun di Moto2, Dimas Ekky Nantikan Restu dari Dorna Sports

Sabtu, 5 Desember 2020 11:24 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor:
© Twitter/@@honda_team_asia
Dimas Ekky Pratama, mantan pembalap Moto2 asal Indonesia Copyright: © Twitter/@@honda_team_asia
Dimas Ekky Pratama, mantan pembalap Moto2 asal Indonesia

INDOSPORT.COM – Pembalap asal Indonesia, Dimas Ekky Pratama masih menanti restu dari asosiasi tim balap IRTA dan Dorna untuk kembali ke Moto2 bersama Mandalika Racing Team Indonesia yang resmi bermitra dengan SAG Team mulai 2021, Jumat (04/12/20).

Kedua entitas itu akan melebur menjadi Pertamina Mandalika SAG Team di Moto2 2021 dan untuk pertama kalinya Indonesia bakal memiliki tim di kejuaraan dunia kelas di bawah bendera MotoGP itu.

SAG Team menutup musim 2020 di peringkat enam klasemen dengan raihan 160 poin yang dipersembahkan duet pebalap Australia Remy Gardner dan Kasma Daniel dari Malaysia.

Gardner akan hijrah ke tim Red Bull KTM Ajo tahun depan, dan SAG Team akan mengandalkan pengalaman pebalap Swiss Thomas Luthi untuk menggantikan sang pebalap Australia.

Sementara itu, situasinya sekarang Kasma masih terikat kontrak dengan SAG Team di saat pihak MRTI mengajukan Dimas Ekky Pratama sebagai wakil Indonesia.

"Nama Dimas telah diusulkan ke IRTA dan menunggu keputusan dari Dorna," kata ketua tim MRTI Rapsel Ali, dilansir dari laman Antara.

Dimas sebelumnya pernah membalap di kelas intermediate tersebut selama satu musim pada 2019 sebagai pebalap Honda Team Asia meski absen di beberapa balapan karena mengalami cedera dan bangku yang ia tinggalkan tahun lalu diisi kembali oleh pebalap Indonesia Andi Farid Izdihar.

SAG Team menambahkan, "keputusan akan dibuat segera dengan mempertimbangkan kepentingan dari sponsor utama kami dan persetujuan komite seleksi Kejuaraan Dunia."

Secara mengejutkan SAG Team awal pekan ini berpisah dengan sponsor utama mereka Onexox TKKR setelah dua tahun bermitra di Moto2 karena kesulitan mengamankan sponsor di tengah pandemi COVID-19.

Hal itu menimbulkan pertanyaan karena sebelum kabar perpisahan itu muncul, MRTI mengumumkan lewat sosial media bahwa mereka akan turun di Moto2 bersama SAG di bawah nama Pertamina Mandalika SAG Team.

Kabar itu akhirnya dikonfirmasi hari ini dengan kemitraan baru untuk tiga musim ke depan. Dimas, yang ditemui di acara peluncuran MRTI di Jakarta awal bulan lalu, mengatakan telah mempersiapkan fisik dan mental untuk kembali lagi ke Moto2.

"Sekarang saya lebih fokus ke persiapan. Yang pasti senang dan menantang sekali apalagi sekarang bersama tim Indonesia. Kami lebih semangat untuk membawa tim ini. Fisik dan mental saya siapkan terus menerus," kata pebalap 28 tahun kelahiran Depok, Jawa Barat itu.

"Tahun ini saya sempat off. Yang pasti bagaimana mengembalikan perasaan dan cepat adaptasi karena tahun ini akan banyak, seperti ganti ban baru atau pemutakhiran data, itu yang harus cepat diadaptasikan," kata Dimas menambahkan.

Sementara itu, setelah absen di Indonesia selama 23 tahun, gelaran MotoGP diproyeksikan kembali digelar di Tanah Air pada tahun depan di sirkuit Mandalika yang sedang dalam tahap pembangunan di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Di tengah ketidakpastian karena ancaman COVID-19, MotoGP pada awal bulan lalu telah mengeluarkan kalender provisional yang terdiri atas 20 balapan yang digelar dari Maret hingga November.

Belum pasti kapan tanggal Indonesia menjadi tuan rumah Grand Prix mengingat Sirkuit Mandalika saat ini berada di dalam daftar cadangan bersama Sirkuit Algarve di Portugal dan Igora di Rusia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%