Formula 1

GP Abu Dhabi, Balapan Pamungkas F1 2020 Penuh Air Mata

Jumat, 11 Desember 2020 12:39 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor:
© thenational
F1 GP Abu Dhabi. Copyright: © thenational
F1 GP Abu Dhabi.

INDOSPORT.COM – Momen penuh air mata dan perpisahan bakal mewarnai GP Abu Dhabi, Minggu (13/12/20) yang menjadi seri balapan pamungkas kejuaraan Formula 1 (F1) 2020.

Balapan yang berlangsung di sirkuit Yas Marina tersebut akan menjadi momen perpisahan bagi sejumlah pembalap, yang resmi keluar dari F1 maupun hengkang ke tim lain.

Para pembalap tersebut ialah Sebastian Vettel yang akan berpisah dengan tim Scuderia Ferrari, yang telah dibelanya selama lima tahun atau sejak hengkang dari Red Bull pada 2015.

Selama di Ferrari, Sebastian Vettel diketahui gagal mewujudkan tergetnya yakni melanjutkan gelar juara dunia empat kali yang diraihnya saat bersama tim Red Bull pada musim 2010-2014. Catatan terbaiknya ialah menjadi runner-up dua kali pada 2017 dan 2018 di belakang Lewis Hamilton.

Sebastian Vettel bakal bergabung dengan tim Aston Martin di F1 2021, untuk menjadi rekan setim Lance Stroll, dan menggantikan posisi Sergio Perez, yang hingga saat ini belum jelas nasibnya kemana ia akan melanjutkan kariernya dengan opsi cuti panjang pada musim depan.

Lalu ada Daniel Ricciardo yang akan berpisah dengan tim Renault dan bergabung dengan McLaren, untuk menjadi rekan setim bagi Lando Norris.

Sementara Carlos Sainz Jr juga berpisah dengan McLaren untuk hengkang ke Scuderia Ferrari, menggantikan posisi Sebastian Vettel yang kontraknya tak diperpanjang oleh tim asal Italia tersebut.

Sedangkan pembalap yang sudah terkonfrimasi keluar dari ajang jet darat tersebut ialah dua pembalap Haas, Kevin Magnussen yang akan mengakhiri kariernya di GP Abu Dhabi, lalu Romain Grosjean yang sudah absen sejak mengalami kecelakaan hebat di GP Bahrain pada 29 November lalu.

Posisi Kevin Magnussen dan Romain Grosjean akan digantikan oleh Mick Schumacher dan Nikita Mazepin, yang resmi dipromosikan dari kejuaraan Formula 2 (F2).

Sementara nama sejumlah pembalap seperti Alexander Albon (Red Bull), Danill Kvyatt (AlphaTauri) dan Lewis Hamilton (Mercedes) belum diketahui nasibnya, mengingat kontrak mereka belum diperbarui. Begitu juga Sergio Perez, apakah akan ada tim yang siap merekrutnya atau tidak.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%