Tukar Tempat antara Andi Gilang dan Ai Ogura Bukanlah soal Strategi Perusahaan

Jumat, 11 Desember 2020 11:51 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Instagram[email protected]
Pembalap Jepang, Ai Ogura. Copyright: © Instagram@aiogura79
Pembalap Jepang, Ai Ogura.

INDOSPORT.COM - Turun kelas dalam persaingan balap adalah hal yang lumrah, termasuk di World Championship. Begitu juga dengan yang dialami pembalap Indonesia, Andi "Gilang" Farid Izdihar.

Setelah bersaing di Moto2 2020, tahun depan Andi Gilang akan bersaing di kelas yang lebh kecil yaitu Moto3, masih bersama Honda Team Asia. Dia akan bertukar tempat dengan pembalap Jepang, Ai Ogura.

"Perpindahan ini bukan soal strategi perusahaan. Kami memang melihat bahwa gaya balap Ogura cocok untuk motor lebih besar. Kami melihat ada potensi di Moto2, jadi kami pikir ini saatnya dia naik kelas," kata Hiroshi Aoyama, Manajer Honda Team Asia, dalam konferensi pers virtual, Kamis (10/12/2020).

"Sementara itu, Andi banyak jatuh musim ini. Saya melihat dia mengalami kesulitan di Moto2. Dari gaya balapnya saat ini, dia lebih cocok untuk motor kecil, karena itu dia turun kelas. Ini keputusan yang logis," kata Aoyama lagi.

Bukan hanya Aoyama, bos Repsol Honda Team yang juga ikut memonitor pembalap-pembalap muda Asia, Alberto Puig, juga mengatakan Ogura punya potensi untuk memacu motor lebih besar.

"Orang-orang bilang saya akan bagus dengan motor besar. Kemarin saat tes di Portimao, ternyata tidak mudah juga, meskipun hasil tes saya cukup bagus," kata Ogura sambil tertawa kecil.

"Selanjutnya, saya harus memperkuat fisik saya, terutama di bagian dalam. Untuk mental, mau motor apa pun, harus kuat. Saya juga harus kerja keras untuk menyesuaikan gaya balap saya," ujar Ogura lagi.

Pembalap 19 tahun tersebut sudah mengantongi pengalaman dua musim turun di Moto3 World Championship (2019 dan 2020). Pada Moto3 2020, dia sudah bisa bersaing untuk menjadi juara dunia, dan menutup musim dengan berada di peringkat ketiga klasemen akhir.

"Untuk Moto2 tahun depan, saya akan membalap semaksimal mungkin, sama seperti yang saya lakukan saat balapan di Moto3," ujar pembalap yang tujuh kali naik podium pada 2020 tersebut.

"Saya banyak naik podium musim ini. Musim yang bagus. Saya sudah tidak sabar menantikan musim depan. Tidak mudah pastinya, karena saya akan menghadapi lawan yang berbeda, dengan motor berbeda," kata Ogura.

Ai Ogura akan berpartner dengan Somkiat Chantra dari Thailand di keals Moto2 musim depan. Sementara itu di kelas Moto3, Honda Team Asia akan menurunkan Andi Gilang dan Yuki Kuni (Jepang).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%