MotoGP

Berpisah dengan Aprilia, Gresini Akan Jadi Tim Independen

Selasa, 15 Desember 2020 22:56 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Aprilia Gresini Racing
Aprilia Gresini Racing saat rilis tim untuk MotoGP 2019. Copyright: © Aprilia Gresini Racing
Aprilia Gresini Racing saat rilis tim untuk MotoGP 2019.

INDOSPORT.COM - Gresini Racing akan resmi berpisah dengan pabrikan Italia, Aprilia, pada akhir MotoGP 2021. Pada musim berikutnya, mereka akan kembali berstatus tim independen atau satelit.

Tim milik Fausto Gresini tersebut sudah menjadi bagian dari World Championship sejak 1997 di kelas premier dan menorehkan 14 kemenangan serta 41 podium.

"Dengan bahagia kami mengumumkan bahwa kami sudah mendapatkan kesepakatan dengan IRTA (Asosiasi Tim Balap Internasional), dengan kami menjadi bagian MotoGP selama lima tahun, mulai 2022," kata Fausto Gresini.

Setelah berpisah dengan Honda pada akhir 2014, Gresini bergabung dengan Aprilia yang kembali ke MotoGP pada 2015. Kerja sama mereka akan berakhir pada 2021.

"Kami tidak akan lagi mewakili Aprilia sebagai tim pabrikan lagi, jadi kami akan menjadi tim independen," kata Gresini menambahkan.

Hingga saat ini, Gresini merupakan satu-satunya tim independen yang sudah resmi bergabung dengan MotoGP di atas musim 2022, sementara KTM merupakan satu-satunya pabrikan yang sudah menandatangangi kerja sama.

MotoGP 2020 menjadi musim yang berat bagi Gresini Aprilia. Mereka harus mencari pengganti Andrea Iannone yang dikenai sanksi balapan MotoGP karena kasus doping.

Aprilia memasang pembalap penguji mereka, Bradley Smith, sebagai pendamping Aleix Espargaro. Lalu pada tiga balapan terakhir, Bradley Smith digantikan oleh Lorenzo Savadori.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%