Pensiun dari F2, Sean Gelael Berpeluang Turun di 3 Kejuaraan Balap Ini

Selasa, 29 Desember 2020 17:10 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor:
© Joe Portlock - Formula 1/Formula 1 via Getty Images
Pembalap Indonesia, Sean Gelael berpeluang turun di tiga kejuaraan balap lainnya setelah memutuskan untuk pensiun dari ajang Formula 2 (F2). Copyright: © Joe Portlock - Formula 1/Formula 1 via Getty Images
Pembalap Indonesia, Sean Gelael berpeluang turun di tiga kejuaraan balap lainnya setelah memutuskan untuk pensiun dari ajang Formula 2 (F2).

INDOSPORT.COM – Pembalap Indonesia, Sean Gelael berpeluang turun di tiga kejuaraan balap lainnya setelah memutuskan untuk pensiun dari ajang Formula 2 (F2).

Kejuaraan F2 2020 ternyata menjadi balapan terakhirnya di salah satu ajang balap mobil bergengsi di dunia setelah tampil selama lima musim atau sejak tahun 2015.

Usai memutuskan pensiun, Sean pun berpeluang untuk kembali turun di ajang balap, dengan tim yang dibesutnya yakni Jagonya Ayam mengunggah sejumlah kompetisi di akun Instagram-nya yang bisa saja diikuti oleh Sean pada musim depan.

FIA World Rally Championship, atau biasa disingkat WRC, bisa menjadi opsi pertama bagi Sean Gelael pada tahun 2021, mengingat pembalap berusia 24 tahun itu beberapa kali ikut tampil di kejuaraan reli seperti Danau Toba Rally 2019 dan Meikarta Sprint Rally 2019.

Opsi yang kedua ialah ABB FIA Formula E Championship atau dikenal sebagai Formula E yang sudah resmi berstatus World Championship seperti ajang Formula 1 (F1). Namun Sean Gelael harus memenuhi 20 poin super license sebagai syarat jika ingin turun ke ajang Formula E.

Selain World Rally Championship dan Formula E, opsi ketiga yang akan diikuti oleh Sean pada tahun 2021 yang akan datang. FIA World Endurance Championship atau biasa disingkat sebagai WEC.

Team Jagonya Ayam mengatakan bahwa pada 2016 Sean sempat mengikuti beberapa event di WEC pada kelas LMP2, dan dia juga berhasil meraih podium pada 2016 6 Hours of Shanghai bersama kedua rekan setimnya, yaitu Antonio Giovinazzi dan Tom Blomqvist.

Namun hingga saat ini belum diketahui secara resmi apakah Sean Gelael akan membalap diketiga kejuaraan tersebut atau tidak.

Sekadar informasi, Sean Gelael diketahui bergabung di GP2 pada 2015 (sebelum berganti nama FIA F2 pada 2017). Selama lima tahun membalap di ajang bergengsi tersebut, ia belum pernah mencicipi satu kemenangan pun, dan hanya dua kali naik podium.