Formula 1

Nikita Mazepin Dilarang Bawa Bendera dan Atribut Rusia Saat Balapan F1

Senin, 8 Februari 2021 13:06 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pembalap rookie tim Haas, Nikita Mazepin dilarang membawa bendera dan atribut Rusia di kejuaraan Formula 1 (F1) 2021 nanti.

Hal ini menyusul keputusan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) yang mengumumkan telah melarang Rusia untuk berpartisipasi dalam acara kejuaraan olahraga dunia.

Keputusan tersebut dibuat setelah terkuatknya skandal kasus doping yang mendapatkan support dari negara, serta sengaja ditutupi saat ajang Olimpiade 2014 di Sochi.

Melansir dari laman Crashnet, Federasi Otomotif Rusia sendiri telah menerima klarifikasi dari FIA terkait keputusan CAS tentang larangan bertanding bagi atlet asal Rusia di kejuaraan dunia apapun terkait kasus doping di Olimpiade Sochi 2014

Ini berarti, Nikita Mazepin tidak bisa memakai identitas Rusia (RAF) di F1 2021. Begitu juga dengan seluruh pembalap Rusia yang turun di kejuaraan dibawah naungan FIA seperti Formula E, WEC, dan WRC.

Para pembalap tersebut tak diizinkan membawa bendera maupun atribut termasuk lagu kebangsaan dan hanya boleh berstatus di bawah bendera netral yakni ‘Atlet netral dari Rusia’ selama dua tahun.

Sejatinya CAS akan memberikan larangan sanksi selama empat tahun sesuai dengan yang diusulkan Badan Anti Doping Dunia (WADA). Namun keputusan tersebut berubah dengan memotong sanksi larangan menjadi dua tahun kepada Rusia.

Maka sanksi tersebut berlaku sejak tanggal 16 Desember 2020 hingga 16 Desember 2022. Meski demikian, gelaran F1 di Rusia diyakini tetap berjalan seperti biasa dengan para penonton tuan rumah diperbolehkan membawa bendera Rusia, serta para pejabat masih bisa menghadiri kejuaraan.