Asia Talent Cup, Salah Satu Langkah Awal Menuju MotoGP

Minggu, 7 Maret 2021 23:10 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Instagram/@asiatalentcup
Para pembalap yang menjadi peserta Asia Talent Cup 2016, termasuk Andi Copyright: © Instagram/@asiatalentcup
Para pembalap yang menjadi peserta Asia Talent Cup 2016, termasuk Andi

INDOSPORT.COM - Ada peribahasa yang berbunyi, banyak jalan menuju Roma. Demikian pula jalan menuju MotoGP, ada beberapa jalur yang bisa dipilih oleh pembalap. Salah satu jalan bisa dimulai dengan ikut Asia Talent Cup (ATC).

Asia Talent Cup dibentuk demi memberi kesempatan kepada pembalap muda berbakat dari Asia dan Oceania untuk unjuk kebolehan. Ajang balap ini pertama digelar pada 2014 dengan Alberto Puig ditunjuk sebagai Talent Promotion Director.

Alberto Puig adalah mantan pembalap asal Spanyol. Setelah pensiun, dia masih berkecimpung di dunia balap dan punya peran besar dalam mengembangkan bakat para pembalap, termasuk Dani Pedrosa dan Casey Stoner.

Untuk proyek Asia Talent Cup, Alberto Puig didampingi oleh juara dunia 250cc 2009 asal Jepang, Horoshi Aoyama.

© Instagram/@asiatalentcup
Mantan pembalap Spanyol. Alberto Puig, saat mengawasi seleksi peserta Asia Talent Cup, pada Oktober 2013. Copyright: Instagram/@asiatalentcupMantan pembalap Spanyol. Alberto Puig, saat mengawasi seleksi peserta Asia Talent Cup, pada Oktober 2013.

Para pembalap Asia Talent Cup turun balapan dengan menggunakan motor Honda yang dipakai untuk Moto3. Beberapa balapan ATC digelar berbarangan dengan Kejuaraan Dunia MotoGP atau WorldSBK.

Kesempatan itu juga jadi momen para pembalap muda untuk mengenal sirkuit-sirkuit yang dipakai dalam persaingan balap MotoGP, seperti Losail International Circuit, Sepang International Circuit, dan Chang International Circuit.

Kompetisi ini diprakarsai oleh Dorna, yang juga menjalankan balapan MotoGP World Championship dan Superbike World Championship.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%