MotoGP

3 Fakta yang Terjadi pada Tes Pramusim MotoGP 2021 di Qatar

Selasa, 16 Maret 2021 06:03 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© MotoGP
Pembalap Ducati Team asal Australia, Jack Miller, saat tes pramusim di Qatar. Copyright: © MotoGP
Pembalap Ducati Team asal Australia, Jack Miller, saat tes pramusim di Qatar.

INDOSPORT.COM - Delapan hari yang super sibuk di Losail International Circuit Qatar sudah berakhir. Para pembalap yang akan turun pada persaingan MotoGP 2021 sudah menjalani tes pramusim di sana.

Selama lima hari tes pramusim yang dijalani para pembalap MotoGP di Losail International Circuit, Jack Miller akhirnya mencatat waktu tercepat.

Pembalap yang mulai musim ini membela Ducati Team tersebut mencatat waktu putaran 1 menit 53,183 detik. Dia mengungguli dua pembalap Monster Yamaha, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo, yang ada di urutan kedua dan ketiga tercepat.

Berikut ini beberapa fakta yang terjadi selama tes pramusim MotoGP 2021.

1. Semua tes pramusim digelar di Qatar

Dalam kondisi normal, Sepang International Circuit selalu mendapat jatah untuk menggelar tes pramusim perdana. Tahun ini, Malaysia tidak membuka pintu bagi para pembalap untuk melakukan tes di sana karena adanya pandemi Covid-19.

Qatar biasanya menggelar tes pramusim kedua sebelum seri pertama dimulai di Losail International Circuit. Kali ini semua tes pramusim digelar di sana.

Tim punya kesampatan melakukan set-up para 3 dan 4 Maret 2021. Setelah itu digelar shakedown test, yaitu tes buat para rookie atau pendatang baru dan pembalap penguji, pada 5 Maret 2021.

Tes pramusim resmi para pembalap MotoGP digelar dalam dua tahap, yaitu tes pertama pada 6-7 Maret 2021, lalu tes kedua pada 10-12 Maret 2021. Sejak set-up hingga hari terkhir tes, total ada delapan hari yang sangat sibuk di Losail.