MotoGP

Mengapa Ducati Begitu Kencang di Sirkuit Losail, tetapi Kalah Saat Balapan?

Sabtu, 3 April 2021 15:32 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© MotoGP
Pembalap Ducati Team, Francesco Bagnaia, mamacu motornya saat sesi latihan bebas GP Qatar. Copyright: © MotoGP
Pembalap Ducati Team, Francesco Bagnaia, mamacu motornya saat sesi latihan bebas GP Qatar.

INDOSPORT.COM - Sejak 2004, Sirkuit Internasional Losail menjadi tempat digelarnya balapan GP Qatar. Dalam beberapa tahun terakhir, Ducati selalu berhasil mencuri perhatian dan menjadi highlight.

Ducati kerap menjadi penguasa mulai dari sesi latihan bebas, kualifikasi, hingga saat balapan. Sejak 2015, Andrea Dovizioso selalu menjadi dua pembalap tercepat yang menyelesaikan balapan.

Pada 2015, 2016, dan 2017, pembalap Italia tersebut finis di posisi kedua. Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan Maverick Vinales adalah juara dalam tiga balapan di atas, dengan memacu motor Yamaha.

Pada 2018 dan 2019, Dovizioso memastikan Ducati menjadi penguasa Losail dengan selalu finis di urutan pertama. Pada 2020, balapan MotoGP di Qatar ditiadakan karena adanya pandemi Covid-19.

Pada persaingan 2021, Qatar kembali menjadi tuan rumah MotoGP. Bahkan, tak hanya sekali, Qatar menjadi tuan rumah dua balapan yang digelar dalam dua pekan beruntun. Balapan pertama digelar pada 26-28 Maret, lalu balapan kedua pada 2-4 April 2021.

Pekan lalu, pada GP Qatar, Ducati kembali menjadi highlight. Jack Millier yang mulai tahun ini bergabung dengan Ducati Lenovo Team merupakan penguasa sesi latihan bebas.

Johann Zarco yang tergabung di tim Pramac Racing bahkan mencatat rekor top speed, yaitu 362 kilometer per jam. Rekan satu tim Jack Miller, Francesca "Pecco" Bagnaia, menjadi penguasa sesi kualifikasi dan mencatat pole position.

Namun, lagi-lagi Yamaha menjadi ancaman terbesar mereka. Tiga pebalap Yamaha berada di posisi kedua hingga keempat pada sesi kualifikasi.