MotoGP

Hasil Kualifikasi MotoGP Inggris 2021: Jorge Martin Blunder, Pol Espargaro Kuasai Pole Position

Sabtu, 28 Agustus 2021 21:50 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Repsol Honda Team
Hasil kualifikasi MotoGP Inggris 2021, di mana Pol Espargaro sukses amankan pole position sirkuit Silverstone pada Sabtu (28/08/21) Copyright: © Repsol Honda Team
Hasil kualifikasi MotoGP Inggris 2021, di mana Pol Espargaro sukses amankan pole position sirkuit Silverstone pada Sabtu (28/08/21)

INDOSPORT.COM - Berikut hasil kualifikasi MotoGP Inggris 2021, di mana Pol Espargaro sukses mengamankan pole position di sirkuit Silverstone pada Sabtu (28/08/21) setelah catatan waktu Jorge Martin dibatalkan.

Di permulaan sesi kualifikasi Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Johann Zarco (Pramac Ducati) mampu unjuk gigi dengan catatan waktu terbaik. Capaian keduanya bertahan hingga kualifikasi pertama selesai.

Fabio Quartararo dapat giliran jadi yang tercepat saat kualifikasi kedua dengan torehan waktu 1 enit 59 detik. Di saat yang bersamaan, Marc Marquez dari Repsol Honda justru mendapat pembatalan catatan.

Rider asal Spanyol tersebut melakukan pelanggaran di tikungan 6. Nama Marquez baru masuk ke urutan sepuluh besar di dua menit terakhir masa kualifikasi dan harus puas start dari posisi kelima.

Wakil Petronas Yamaha, Valentino Rossi, juga tercecer di posisi delapan. Pembalap senior berpaspor Italia itu tepat berada di belakang Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) dan Jack Miller (Ducati).

Pol Espargaro kemudian mampu melampaui Quartararo dengan capaian 1 menit 58,99 detik namun Jorge Martin tidak butuh waktu lama untuk kembali mendahuluinya. Sayang, tayangan ulang menunjukkan jika Martin melakukan kesalahan dengan memotong jalur saat melalui tikungan kedelapan.

Hal ini membuat Martin terpaksa merelakan pole position yang ia pegang di GP Suriah lalu. Ia akan start dari posisi keempat di belakang Francesco Bagnaia dan Quartararo.