MotoGP

Selain Mandalika, Berikut 5 Sirkuit MotoGP Terbaik di Dunia

Selasa, 7 September 2021 14:27 WIB
Editor: Juni Adi
© bbc
Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika. Copyright: © bbc
Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika.

INDOSPORT.COM - Mimpi masyarakat Indonesia untuk bisa menyaksikan balapan motor paling bergengsi di dunia, MotoGP, akhirnya tidak lama lagi akan segera terwujud.

Pasalnya Indonesia telah membangun sirkuit internasional untuk MotoGP di Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Sejauh ini progres pembangunan sudah mencapai 80 persen lebih. Pekerjaan difokuskan untuk pengaspalan lintasan terlebih dahulu. 

Aspal lintasan utama sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok Tengah, NTB, sudah selesai seratus persen. Sirkuit sudah tersambung dengan sangat rapi dari Tikungan 1 hingga Tikungan 17.

Sementara fasilitasn pendukunglainnya akan segera dituntaskan, dengan target selesai pada akhir bulan ini (September).

Jika semua pekerjaan rampung sesuai jadwal, maka sirkuit Mandalika sudah bisa digunakan untuk menggelar balapan setidaknya mulai November mendatang. 

Sejatinya pemerintah Indonesia menargetkan rampung di tahun 2021 ini, untuk segera masuk dalam daftar tuan rumah MotoGP 2021. Namun karena pandemi covid-19 yang masih melanda Tanah Air, membuat aktivitas pembangunan harus terkendala.

Kendati belum bisa menggelar balapan di tahun 2021, namun pihak Dorna Sports sudah memasukan Indonesia dalam kalender tes pramusim MotoGP 2022, yang akan dilaksanakan pada 11-13 Februari 2022 mendatang.

Sirkuit Mandalika yang berkonsep sirkuit jalan raya ini juga diakui oleh Dorna Sports sebagai salah satu sirkuit terbaik dan indah di dunia. Selain Sirkuit Mandalika, berikut beberapa sirkuit MotoGP terbaik di dunia: