Klasemen MotoGP Usai MotoGP Amerika: Quartararo Selangkah Lagi Juara Dunia

Senin, 4 Oktober 2021 06:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Berikut klasemen MotoGP 2021 usai GP Amerika. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) hanya butuh 1 kemenangan lagi untuk jadi juara dunia. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Berikut klasemen MotoGP 2021 usai GP Amerika. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) hanya butuh 1 kemenangan lagi untuk jadi juara dunia.

INDOSPORT.COM – Berikut klasemen MotoGP 2021 usai GP Amerika. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) hanya butuh 1 kemenangan lagi untuk jadi juara dunia.

Gelaran MotoGP 2021 kini memasuki seri kelima belas yakni MotoGP Amerika Serikat, yang digelar di Circuit of The Americas (COTA) di Austin, Texas, Senin (04/10/21) pukul 02.00 dini hari WIB.

Gelaran MotoGP Amerika Serikat pun dimenangi Marc Marquez (Repsol Honda) yang mengalami lomba dari posisi ketiga. Ini menjadi gelar kedua Marquez musim ini setelah MotoGP Jerman, dan juga menjadi gelar ketujuhnya di MotoGP Amerika.

Sementara itu, posisi kedua MotoGP Amerika Serikat ditempati oleh andalan Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, dengan Francesco Bagnaia (Ducati) menempati posisi terakhir di podium

Hasil ini pun membawa kabar gembira bagi Fabio Quartararo. Pasalnya, dengan tambahan 20 poin dari Amerika Serikat, ia makin kokoh di puncak klasemen pembalap dengan 254 poin. Ia kini  unggul 52 poin dari Bagnaia yang ada di posisi kedua dengan 202 poin.

Situasi ini pun membuat Quartararo kini tinggal selangkah lagi meraih gelar juara dunia MotoGP musim ini.

Pasalnya, MotoGP 2021 kini tinggal menyisakan 3 seri. Dengan demikian, torehan poin maksimal yang bisa diraih Bagnaia adalah 277 poin, dengan catatan ia memenangi 3 seri yang tersisa.

Itu artinya, untuk mengamankan gelar juara dunia MotoGP musim ini, Quartararo hanya perlu meraih 278 poin agar tak bisa lagi dikejar Bagnaia. Untuk itu, ia pun hanya perlu meraih 24 poin di 3 seri tersisa.

Dengan demikian, Quartararo hanya perlu memenangi 1 dari 3 seri tersisa, mengingat setiap kemenangan menghasilkan 25 poin.

Artinya, rider Monster Energy Yamaha ini bisa memastikan gelar juara dunia jika berhasil memenangi seri berikutnya yakni MotoGP Emilia Romagna pada 24 Oktober 2021.

Di sisi lain, juara dunia MotoGP musim lalu yakni Joan Mir sudah dipastikan gagal mempertahankan gelarnya. Ia kini kini duduk di posisi 3 dengan 175 poin usai finis kedelapan di Amerika Serikat dan tak mungkin lagi mengejar raihan poin Quartararo.

Berikut klasemen lengkap pembalap MotoGP usai MotoGP Amerika Serikat: