Sambut WSBK di Sirkuit Mandalika, Dinas Pariwisata Kota Mataram Siapkan Acara Khusus

Selasa, 5 Oktober 2021 15:34 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© bbc
Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika. Copyright: © bbc
Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika.

INDOSPORT.COM – Dinas Pariwisata Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), menyiapkan acara khusus untuk menyambut kejuaraan balap World Superbike (WSBK).

Sebagaimana diketahui bahwa Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk kejuaraan balap motor WSBK yang berlangsung pada 19-21 November 2021 mendatang.

Digelarnya turnamen akbar tersebut secara perdana di Sirkuit Mandalika tentu harus dipersiapkan dengan baik oleh pemerintah setempat.

Salah satunya ialah menggelar acara khusus yakni kegiatan Mataram Mandalika Fair untuk menyambut WSBK, di mana event itu juga melibatkan pelaku pariwisata.

Hal tersebut diungkapkan oleh H Nizar Denny Cahyadi selaku Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram, yang mengatakan bahwa masyarakat dan para pelaku periwisata akan berpartisipasi menyambut WSBK yang juga menjadi peluang ekonomi bagi sekitar.

"Untuk menyemarakkan perhelatan akbar dunia itu, kami mengajak semua pelaku pariwisata menyiapkan diri agar bisa berpartisipasi, sekaligus mengambil peluang ekonomi dari kegiatan tersebut," kata Nizar Denny Cahyadi, dilansir dari laman Antara.

Nizar Denny Cahyadi juga menyebut pihaknya akan melibatkan para pelaku pariwisata, berupa perhotelan, biro jasa perjalanan, serta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di acara Mataram Mandalika Fair.

"Target kami, untuk UMKM kita siapkan sekitar 25-30 stan, sedangkan untuk hotel disesuaikan dengan jumlah hotel yang ikut berkontribusi," tambahnya.

Selain itu Denny turut berharap para pelaku UMKM sudah mulai mempersiapkan diri untuk membuat berbagai pernak pernik kerajinan yang bisa dijadikan oleh-oleh yang bertemakan Mandalika.

sedangkan hasil pangan olahan lokal yang dijadikan berbagai makanan khas juga bisa diikutsertakan, misalnya hasil olahan rumput laut, kacang-kacangan, dan lainnya.

Acara Mataram Mandalika Fair diharapkan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata serta meningkatkan okupansi hotel.

Sekadar informasi, Mataram Mandalika Fair ditargetkan berlangsung akhir bulan Oktober atau paling lambat awal November 2021, di Lapangan Taman Sangkareang.