Formula 1

Update Kalender Formula 1 2022: Ada 23 Seri Balapan, 8 Sprint Race

Selasa, 5 Oktober 2021 14:52 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Formula 1.com
Terdapat 23 seri balapan, dengan di antaranya akan dilaksanakan dengan sistem sprint race dalam update terbaru kalender Formula 1 (F1) 2022. Copyright: © Formula 1.com
Terdapat 23 seri balapan, dengan di antaranya akan dilaksanakan dengan sistem sprint race dalam update terbaru kalender Formula 1 (F1) 2022.

INDOSPORT.COM – Terdapat 23 seri balapan, dengan di antaranya akan dilaksanakan dengan sistem sprint race dalam update terbaru kalender Formula 1 (F1) 2022.

Stefano Domenicali selaku CEO Formula 1 mengatakan bahwa ajang jet darat pada musim depan akan menggelar 23 balapan, di mana terdapat sepertiga seri balapan yang akan diujicobakan dengan format sprint race.

Kepada Sky Sports, Domenicali mengatakan bahwa balapan pada musim depan akan dimulai pada pertengahan Maret hingga pertengahan November 2022, di mana draf kalender musim selanjutnya akan dirilis pada akhir Oktober ini.

“Kami mengatakan pada awal tahun akan ada tig ates tahun ini untuk memastikan kami memiliki rencana yang tepat untuk masa depan. Sebagian besar komentar yang kami terima sangat positif,” kata Domenicali tentang format sprint race.

“Kami ingin pertahankan rencana sepertiga balapan dengan format sprint race di sirkuit tertentu,” tambahnya.

Ini berarti, bakal ada tujuh atau delapan seri balapan yang akan menggunakan format sprint race pada Formula 1 2022 mendatang.

Adanya format sprint race bertujuan untuk menggelar balapan sebanyak mungkin namun dengan waktu yang singkat. Namun rencana untuk melaksanakan banyak balapan sempat menuai pro dan kontra dari sejumlah pembalap.

Pasalnya banyaknya balapan yang akan digelar bisa membuat kru tim dan para pembalap kelelahan, karena kurangnya waktu istirahat.

Sementara itu, pada balapan musim ini ajang jet darat Formula 1 menggelar 22 seri balapan dan masih menjadi rekor yang terbanyak, di mana akan ditutup dengan GP Abu Dhani pada 12 Desember mendatang.