MotoGP

Presiden Jokowi Bakal Resmikan Sirkuit Mandalika, TNI Lakukan Pengamanan Ketat

Jumat, 12 November 2021 12:05 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Copyright: © Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

INDOSPORT.COM - Aparat negara TNI dan Polri bakal melakukan pengamanan ketat saat Presiden RI, Joko Widodo meresmikan Sirkuit Mandalika.

Sebelumnya Presiden yang akrab disapa Jokowi itu memang dikabarkan bakal meresmikan Sirkuit Mandalika yang baru selesai dibangun dan juga akan menghadiri balapan perdana pada November ini.

Selain menonton balapan kehadiran Jokowi juga dalam rangka meninjau langsung Pertamina Mandalika International Street Circuit yang akan menggelar balapan perdana Asia Talent Cup (ATC) yang dimulai pada hari ini, Jumat (12/11/21) hingga Minggu (14/11/21).

Kunjungan Presiden Jokowi pun membuat pihak aparat negara seperti TNI maupun Polri tentu langsung mempersiapkan keamanan ketat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Brigjen TNI. Ahmad Rizal Ramdhani selaku Komandan Korem (Danrem) 162/Wira Bhakti pada Kamis (11/11/21).

"Sebagai aparat negara, baik TNI-Polri dan pemerintah daerah serta komponen masyarakat lainnya harus selalu bersinergi dalam pelaksanaan pengamanan kedatangan Presiden Jokowi di NTB ini," kata Ahmad Rizal Ramdhani, dilansir dari Antara.

Kegiatan ini untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan Satgas Pengamanan VVIP yang disiapkan baik secara perorangan maupun satuan, serta untuk memastikan terjalinnya sinergitas dan kerja sama yang baik, antar unsur pengamanan yang terlibat.

"Pengamanan seperti ini sudah sangat sering kita laksanakan bersama. Namun perlu diingat, tidak ada istilah rutinitas dalam pengamanan VVIP.  Setiap pengamanan yang sifatnya VVIP, harus diperlakukan sebagai operasi baru," tukasnya.

Menurut Ahmad Rizal Ramdhani, segala sesuatunya mulai dengan perencanaan, persiapan, sampai dengan pelaksanaan pengamanan, harus dipersiapkan dengan matang saat Presiden Jokowi tiba.

"Setiap objek yang di amankan harus dapat memberikan jaminan keamanan yang terbaik dan maksimal. Segala sesuatu yang terkait dengan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan pada pengamanan VVIP ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan serius" ucapnya.