MotoGP

Soal Penerus Takhta di MotoGP, Valentino Rossi Tunjuk Pembalap Ini

Senin, 15 November 2021 18:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Steve Wobser/Getty Images
Valentino Rossi nampaknya telah menemukan sosok pembalap yang bakal meneruskan takhtanya pada ajang balapan MotoGP di masa depan. Copyright: © Steve Wobser/Getty Images
Valentino Rossi nampaknya telah menemukan sosok pembalap yang bakal meneruskan takhtanya pada ajang balapan MotoGP di masa depan.

INDOSPORT.COM – Valentino Rossi nampaknya telah menemukan sosok pembalap yang bakal meneruskan takhtanya pada ajang balapan MotoGP di masa depan. Siapakah dia?

Valentino Rossi resmi pensiun dari MotoGP. Rider Italia itu menutup kariernya dengan melakoni balapan di MotoGP Valencia, Minggu (14/11/21) malam WIB.

Tampil di trek yang selalu jadi mimpi buruk, dan juga tempat ia dua kali kehilangan gelar juara, Rossi tampil konsisten meski gagal merebut podium ke-200 dalam kariernya.

Start dari posisi ke-10, pembalap Petronas Yamaha SRT tersebut mampu mempertahankan posisinya hingga garis finis.

Dengan hasil ini, berakhir sudah perjalanan karier ‘The Doctor’ selama 26 tahun. Selama kariernya,  Rossi mencatat 432 balapan grand prix, 115 kemenangan, 235 podium, dan 9 kejuaraan dunia.

Nama Rossi sejatinya akan tetap abadi di MotoGP. Tahun depan, Rossi bakal hadir melalui VR46 Moto2 dan MotoGP, ditambah VR46 Riders Academy, yang berbasis di rumahnya di Tavullia.

Belum lagi kehadiran empat anak didiknya yang tengah merenda kejayaan di MotoGP. Salah satunya, Francesco Bagnaia yang sukses bersama Ducati.

Musim ini, Bagania gagal menjadi juara dunia usai tertinggal dari Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). Meski begitu, Bagnaia diyakini Rossi bakal mampu lebih bersinar di masa mendatang.

Rossi memprediksi Bagnaia bisa merebut gelar juara dunia lewat persaingan ketat dengan anak didiknya yang lain, yakni Franco Morbidelli (Yamaha), adik Rossi Luca Marini dan rookie Marco Bezzecchi.

“Saya adalah pendukung setia semua pembalap (didikan) kami dan tahun depan kami akan memiliki empat pebalap di MotoGP. Franco (Morbidelli) dan Pecco (Bagnaia) dengan pabrikan Yamaha dan Ducati. Dan Luca (Marini) dan Bez (Bezzecchi) dengan tim kami,” kata Rossi dilansir dari Crash.net.  

“Saya pikir Pecco dan juga Franco bisa bertarung untuk kejuaraan tahun depan dan saya berharap di antara mereka bisa menjadi superstar baru MotoGP,” tandas Rossi.